PENGARUH MOTIVASI, KREATIVITAS, INOVASI DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEBERLANJUTAN USAHA PADA KAFE SHOP DI KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER



PRASETYA, ILHAM DWI (2025) PENGARUH MOTIVASI, KREATIVITAS, INOVASI DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEBERLANJUTAN USAHA PADA KAFE SHOP DI KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. Pendahuluan.pdf] Text
A. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B. Abstrak.pdf] Text
B. Abstrak.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of C. Bab 1..pdf] Text
C. Bab 1..pdf

Download (244kB)
[thumbnail of D. Bab 2..pdf] Text
D. Bab 2..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of E. Bab 3..pdf] Text
E. Bab 3..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of F. Bab 4..pdf] Text
F. Bab 4..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of G. Bab 5..pdf] Text
G. Bab 5..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of H. Daftar Pustaka.pdf] Text
H. Daftar Pustaka.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of I. Lampiran.pdf] Text
I. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya usaha, termasuk kafe, yang tidak
mampu bertahan di tengah persaingan bisnis yang ketat. Para pemilik usaha sering kali
menghadapi berbagai tantangan kompleks, yang menyebabkan banyak dari mereka
menghentikan usahanya. Faktor-faktor seperti kurangnya motivasi untuk terus berinovasi,
rendahnya kreativitas dalam pengembangan produk, dan pemanfaatan digital marketing yang
kurang optimal diduga menjadi penyebab utama dari permasalahan ini. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi, kreativitas, inovasi, dan digital marketing
terhadap keberlanjutan usaha kafe di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui
kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dan uji T. Hasil uji t seluruh
variabel menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,005 (< 0,05) .Sampel penelitian terdiri dari
125 responden yang dipilih melalui teknik probability sampling. Hasil penelitian
membuktikan bahwa motivasi, kreativitas, inovasi, dan digital marketing berpengaruh
signifikan terhadap keberlanjutan usaha kafe di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
SUHARTO, AKHMAD
NIDN0701126202
Dosen Pembimbing
YANTO, RUSDI
NIDN0728019101

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: motivasi, kreativitas, inovasi, digital marketing, keberlanjutan usaha
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 338 Production, Industrial Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Ilham Dwi Prasetya | ilhamd527@gmail.com
Date Deposited: 05 Jul 2025 01:52
Last Modified: 05 Jul 2025 01:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25306

Actions (login required)

View Item View Item