NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM EKSTRAKURIKULER HADRAH DI SMP MUHAMMADIYAH 07 WULUHAN
HIKMAH, FAIQOTUL (2025) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM EKSTRAKURIKULER HADRAH DI SMP MUHAMMADIYAH 07 WULUHAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (447kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (483kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8.BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
11. ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (770kB) | Request a copy |
Abstract
Untuk menghadapi ancaman penurunan minat dari generasi muda terhadap seni tradisional Islam, dalam konteks ini pendidikan agama Islam melalui seni hadrah menjadi relevan sebagai upaya untuk mempertahankan identitas budaya dan nilai-nilai keislaman. Seni hadrah bukan hanya dijadikan sebagai hiburan, tetapi juga dijadikan sebagai sarana untuk membangun kepribadian peserta didik dengan nilai-nilai Islam, seperti keimanan, akidah serta akhlak yang baik dan sekaligus sebagai media dakwah di dalam kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembimbing dalam menginternalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam, serta nilai-nilai apa saja yang yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler hadrah di SMP Muhammadiyah 07 Wuluhan. Basis metode penelitian yang digunakan merujuk pada pendekatan kualitatif dengan instrumen penelitian berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dari beberapa informan dengan opsi jawaban terbuka dan semi terstruktur. Hasil penelitian yang di laksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Wuluhan menunjukkan bahwa strategi pembimbing dalam menginternalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam yaitu dengan mengganti syair yang sedang viral menjadi syair hadrah yang lebih Islami. Dan melakukan pembiasaan yang baik contohnya seperti membiasakan Shalat ashar berjamaah dan mengaji Al-Quran sebelum latihan dilaksanakan, membudidayakan 5S( senyum, salam, sapa, sopan, santun, sehingga diharapkan peserta didik dapat menjadi pribadi yang baik dan religius. Dalam syair hadrah berisikan pembelajaran tentang agama, nasehat hidup, zikir, shalawat serta kisah keteladanan Nabi Muhammad yang dapat dijadikan pedoman bagi peserta didik. Sedangkan nilai-nilai pendidikan agama Islam yang harus ditanamkan kepada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler hadrah adalah 1) nilai religius, 2) nilai sosial, 3) nilai budaya, 4) nilai edukasi, 5) nilai estetika.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingNURSYAMSIYAH, SITINIDN0706027901Dosen PembimbingPUTRA, DHIAN WAHANANIDN0729108601
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Ekstrakurikuler Hadrah, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.3 Islamic Worship |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) |
Depositing User: | FAIQOTUL HIKMAH | faiqotulhikmah4595@gmail.com |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:37 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 03:37 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25335 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |