NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM EKSTRAKURIKULER HADRAH DI SMP MUHAMMADIYAH 07 WULUHAN



HIKMAH, FAIQOTUL (2025) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM EKSTRAKURIKULER HADRAH DI SMP MUHAMMADIYAH 07 WULUHAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (483kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of 8.BAB VI.pdf] Text
8.BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of 9.DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of 11. ARTIKEL.pdf] Text
11. ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB) | Request a copy

Abstract

Untuk menghadapi ancaman penurunan minat dari generasi muda terhadap seni tradisional Islam, dalam konteks ini pendidikan agama Islam melalui seni hadrah menjadi relevan sebagai upaya untuk mempertahankan identitas budaya dan nilai-nilai keislaman. Seni hadrah bukan hanya dijadikan sebagai hiburan, tetapi juga dijadikan sebagai sarana untuk membangun kepribadian peserta didik dengan nilai-nilai Islam, seperti keimanan, akidah serta akhlak yang baik dan sekaligus sebagai media dakwah di dalam kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembimbing dalam menginternalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam, serta nilai-nilai apa saja yang yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler hadrah di SMP Muhammadiyah 07 Wuluhan. Basis metode penelitian yang digunakan merujuk pada pendekatan kualitatif dengan instrumen penelitian berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dari beberapa informan dengan opsi jawaban terbuka dan semi terstruktur. Hasil penelitian yang di laksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Wuluhan menunjukkan bahwa strategi pembimbing dalam menginternalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam yaitu dengan mengganti syair yang sedang viral menjadi syair hadrah yang lebih Islami. Dan melakukan pembiasaan yang baik contohnya seperti membiasakan Shalat ashar berjamaah dan mengaji Al-Quran sebelum latihan dilaksanakan, membudidayakan 5S( senyum, salam, sapa, sopan, santun, sehingga diharapkan peserta didik dapat menjadi pribadi yang baik dan religius. Dalam syair hadrah berisikan pembelajaran tentang agama, nasehat hidup, zikir, shalawat serta kisah keteladanan Nabi Muhammad yang dapat dijadikan pedoman bagi peserta didik. Sedangkan nilai-nilai pendidikan agama Islam yang harus ditanamkan kepada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler hadrah adalah 1) nilai religius, 2) nilai sosial, 3) nilai budaya, 4) nilai edukasi, 5) nilai estetika.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
NURSYAMSIYAH, SITI
NIDN0706027901
Dosen Pembimbing
PUTRA, DHIAN WAHANA
NIDN0729108601

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Ekstrakurikuler Hadrah, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.3 Islamic Worship
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: FAIQOTUL HIKMAH | faiqotulhikmah4595@gmail.com
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:37
Last Modified: 07 Jul 2025 03:37
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25335

Actions (login required)

View Item View Item