PERSEPSI GURU TK X TERHADAP TES KESIAPAN SEKOLAH SISWA TK B UNTUK MEMASUKI SEKOLAH DASAR
Dianratno, Vito Noer (2025) PERSEPSI GURU TK X TERHADAP TES KESIAPAN SEKOLAH SISWA TK B UNTUK MEMASUKI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang persepsi, dan penilaian guru TK B tentang tes kesiapan sekolah. Pengetahuan tentang tes kesiapan sekolah seorang guru perlu dikuasai karena berperan vital dalam mengukur kesiapan anak memasuki jenjang sekolah dasar. Guru mempunyai peranan yang sangat penting untuk merancang strategi dalam proses pembelajaran dan perkembangan peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangan usia anak dalam mendukung kesiapan anak memasuki sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, melalui teknik pengumpulan data menggunakan observasi anekdot, wawancara semi terstruktur, dan studi dokumen. Subjek penelitian ini terdiri 1 kepala sekolah dan 2 guru TK B di Sekolah Laboratorium PAUD Yasmin. Penelitian ini mengidentifikasi sejumlah pemahaman guru TK B terhadap tes kesiapan sekolah, antara lain pemahaman pentingnya tes kesiapan sekolah, manfaat dan tujuan tes kesiapan sekolah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki persepsi positif terhadap pelaksanaan tes kesiapan sekolah. Tes ini dipandang sebagai alat bantu asesmen yang mampu mengidentifikasi kesiapan anak secara menyeluruh, mencakup aspek kognitif, sosial-emosional, motorik, dan kemandirian. Guru menggunakan hasil tes sebagai dasar dalam menyusun pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak dan sebagai bahan komunikasi dengan orang tua. Meskipun tidak terlibat langsung dalam pelaksanaan teknis tes, guru memahami manfaatnya dan berperan dalam menindaklanjuti hasil tes dalam proses pembelajaran. Selain itu, guru menyadari pentingnya kolaborasi dengan orang tua untuk memberikan stimulasi lanjutan yang mendukung kesiapan anak untuk memasuki sekolah dasar.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingWardhani, Wahju Dyah LaksmiNIDN0706046703Dosen PembimbingAdwitiya, Asti BhawikaNIDN0725049301
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Persepsi Guru, Tes Kesiapan Sekolah |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | Vito Noer Dianratno | vitondr19@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 06:29 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 06:29 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25367 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |