Strategi Pendidik dalam Meningkatkan Hafalan Al Quran di Muhammadiyah Boarding School



Khoirunnisa, Qonita (2025) Strategi Pendidik dalam Meningkatkan Hafalan Al Quran di Muhammadiyah Boarding School. Undergraduate thesis, Universitas muhammadiyah jember.

[thumbnail of cover skripsi qonita.pdf] Text
cover skripsi qonita.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan, untuk merinci metode yang digunakan oleh para guru untuk meningkatkan
hafalan Al-Qur'an siswa di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Watukebo. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi., wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh ustadz dan ustadzah mencakup
pembentukan halaqah hafalan, penjadwalan waktu khusus untuk hafalan dan muraja’ah, serta pemberian apresiasi
kepada santri berprestasi. Selain itu, metode talaqqi, sima’i, dan muraja’ah digunakan secara konsisten untuk
mendukung proses hafalan. Evaluasi hafalan dilakukan secara berkala melalui ujian pencapaian juz dan
pemantauan jurnal hafalan santri. Meskipun terdapat kendala seperti rasa malas dan perbedaan daya ingat antar
santri, strategi yang diterapkan mampu meningkatkan motivasi dan capaian hafalan. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa keberhasilan hafalan santri sangat dipengaruhi oleh konsistensi strategi pendidik serta dukungan lingkungan
pesantren yang kondusif.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Wahana putra, Dhian
NIDN0729108601
UNSPECIFIED
Tamami, Badrut
NIDN072210863

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Strategi Pendidik, Hafalan Al-Qur’an, Santri, MBSWatukebo, Metode Talaqqi, Muraja’ah.
Subjects: 200 Religious > 201 Religious Mythology > 207 Missions & Religious Education
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Qonita Khoirunnisa | qhoirunnisa2@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:41
Last Modified: 11 Jul 2025 02:41
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25451

Actions (login required)

View Item View Item