Strategi Pendidik dalam Meningkatkan Hafalan Al Quran di Muhammadiyah Boarding School
Khoirunnisa, Qonita (2025) Strategi Pendidik dalam Meningkatkan Hafalan Al Quran di Muhammadiyah Boarding School. Undergraduate thesis, Universitas muhammadiyah jember.
![]() |
Text
cover skripsi qonita.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan, untuk merinci metode yang digunakan oleh para guru untuk meningkatkan
hafalan Al-Qur'an siswa di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Watukebo. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi., wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh ustadz dan ustadzah mencakup
pembentukan halaqah hafalan, penjadwalan waktu khusus untuk hafalan dan muraja’ah, serta pemberian apresiasi
kepada santri berprestasi. Selain itu, metode talaqqi, sima’i, dan muraja’ah digunakan secara konsisten untuk
mendukung proses hafalan. Evaluasi hafalan dilakukan secara berkala melalui ujian pencapaian juz dan
pemantauan jurnal hafalan santri. Meskipun terdapat kendala seperti rasa malas dan perbedaan daya ingat antar
santri, strategi yang diterapkan mampu meningkatkan motivasi dan capaian hafalan. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa keberhasilan hafalan santri sangat dipengaruhi oleh konsistensi strategi pendidik serta dukungan lingkungan
pesantren yang kondusif.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDWahana putra, DhianNIDN0729108601UNSPECIFIEDTamami, BadrutNIDN072210863
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Strategi Pendidik, Hafalan Al-Qur’an, Santri, MBSWatukebo, Metode Talaqqi, Muraja’ah. |
Subjects: | 200 Religious > 201 Religious Mythology > 207 Missions & Religious Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) |
Depositing User: | Qonita Khoirunnisa | qhoirunnisa2@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 02:41 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 02:41 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25451 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |