STRATEGI GURU TAMAN KANAK-KANAK MENERAPKAN LITERASI DASAR DALAM KETERAMPILAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI DI TK KALIWATES



AYU, AYU FITRIANA (2025) STRATEGI GURU TAMAN KANAK-KANAK MENERAPKAN LITERASI DASAR DALAM KETERAMPILAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI DI TK KALIWATES. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of BAGIAN HALAMAN DEPAN.pdf] Text
BAGIAN HALAMAN DEPAN.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6.pdf] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana literasi dasar diterapkan pada anak usia dini untuk mengembangkan keterampilan berbahasa. Untuk mengenai bagaimana perkembangan keterampilan berbahasa anak setelah mendapatkan literasi dasar. Jenis penelitian yang dipakai adalah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, alat rekam, dokumentasi/arsip. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun kelompok B. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan.
Paparan data diperoleh bahwa salah satu hasil paling signifikan dari penerapan literasi dasar dalam kemampuan menyimak anak-anak. Pada awal observasi, banyak anak yang menunjukkan rentang perhatian pendek dan sering kali mudah terdistraksi saat guru membacakan cerita. Namun, seiring dengan pelaksanaan sesi membaca nyaring (read aloud) yang rutin dan interaktif, terlihat perubahan perilaku yang jelas. Anak-anak mulai menunjukkan fokus yang lebih baik, mereka mampu mempertahankan perhatian lebih lama, mengarahkan pandangan ke arah guru atau buku, dan merespons pertanyaan guru dengan lebih cepat.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Khoiriyah, Khoiriyah
NIDN0725116503
Dosen Pembimbing
Misyana, Misyana
NIDN0706047201

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kemampuan guru, literasi dasar, keterampilan berbahasa
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Ayu Fitriana | ayufitria2312@gmail.com
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:16
Last Modified: 14 Jul 2025 02:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25526

Actions (login required)

View Item View Item