STRATEGI GURU TAMAN KANAK-KANAK MENERAPKAN LITERASI DASAR DALAM KETERAMPILAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI DI TK KALIWATES
AYU, AYU FITRIANA (2025) STRATEGI GURU TAMAN KANAK-KANAK MENERAPKAN LITERASI DASAR DALAM KETERAMPILAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI DI TK KALIWATES. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
BAGIAN HALAMAN DEPAN.pdf Download (586kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana literasi dasar diterapkan pada anak usia dini untuk mengembangkan keterampilan berbahasa. Untuk mengenai bagaimana perkembangan keterampilan berbahasa anak setelah mendapatkan literasi dasar. Jenis penelitian yang dipakai adalah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, alat rekam, dokumentasi/arsip. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun kelompok B. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan.
Paparan data diperoleh bahwa salah satu hasil paling signifikan dari penerapan literasi dasar dalam kemampuan menyimak anak-anak. Pada awal observasi, banyak anak yang menunjukkan rentang perhatian pendek dan sering kali mudah terdistraksi saat guru membacakan cerita. Namun, seiring dengan pelaksanaan sesi membaca nyaring (read aloud) yang rutin dan interaktif, terlihat perubahan perilaku yang jelas. Anak-anak mulai menunjukkan fokus yang lebih baik, mereka mampu mempertahankan perhatian lebih lama, mengarahkan pandangan ke arah guru atau buku, dan merespons pertanyaan guru dengan lebih cepat.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingKhoiriyah, KhoiriyahNIDN0725116503Dosen PembimbingMisyana, MisyanaNIDN0706047201
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Kemampuan guru, literasi dasar, keterampilan berbahasa |
Subjects: | 300 Social Science 300 Social Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | Ayu Fitriana | ayufitria2312@gmail.com |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 02:16 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 02:16 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |