ANALISIS RANTAI NILAI (VALUE CHAIN) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (STUDI KASUS PADA UMKM KRIPIK TEMPE PECAH 1000 DI DESA KALIBOTO LOR, LUMAJANG)
ROSAIDA, LAILATUL (2025) ANALISIS RANTAI NILAI (VALUE CHAIN) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (STUDI KASUS PADA UMKM KRIPIK TEMPE PECAH 1000 DI DESA KALIBOTO LOR, LUMAJANG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Download (435kB) |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
UMKM Kripik Tempe Pecah 1000 di Desa Kaliboto Lor, Lumajang merupakan suatu UMKM yang memproduksi olahan kripik tempe dengan beberapa variasi rasa. Tingginya persaingan pada produk kripik tempe juga membuat UMKM Kripik Tempe Pecah 1000 harus meningkatkan keunggulan kompetitifnya agar mampu bertahan pada pasar persaingan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi apa yang diambil melalui analisis rantai nilai (value chain) dalam upaya meningkatkan keunggulan kompetitif pada UMKM kripik tempe pecah 1000 yang menggambarkan cara untuk memandang UMKM sebagai rantai aktivitas yang juga mengubah input menjadi output yang bernilai bagi pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan adanya strategi guna meningkatkan keunggulan kompetitif melalui rantai nilai pada UMKM Kripik Tempe Pecah 1000. Fokus strategi pada penguatan aktivitas utama dan pendukung, strategi tersebut meliputi adanya deferensiasi produk, efisiensi operasional, dan strategi kemitraan. Pada analisis nilai tambah yang dilakukan pada proses operasional produksi UMKM kripik tempe menunjukkan nilai tambah yang didapat yaitu sebesar 5.812,22, Hal tersebut dikarenakan hasil nilai tambah yang tertinggi diperoleh dari aktivitas penjualan dan pemasaran.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKContributorsWIJAYANTINI, BAYUNIDN0717027904ContributorsSARI, MAHENI IKANIDN0011087701
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Analisis Rantai Nilai, Keunggulan Kompetitif |
Subjects: | 300 Social Science > 330 Economics > 338 Production, Industrial Economics |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management (S1) |
Depositing User: | Lailatul Rosaida | lailatulrosaida10@gmail.com |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 02:06 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 02:06 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25535 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |