ANALISIS RANTAI NILAI (VALUE CHAIN) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (STUDI KASUS PADA UMKM KRIPIK TEMPE PECAH 1000 DI DESA KALIBOTO LOR, LUMAJANG)



ROSAIDA, LAILATUL (2025) ANALISIS RANTAI NILAI (VALUE CHAIN) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (STUDI KASUS PADA UMKM KRIPIK TEMPE PECAH 1000 DI DESA KALIBOTO LOR, LUMAJANG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

UMKM Kripik Tempe Pecah 1000 di Desa Kaliboto Lor, Lumajang merupakan suatu UMKM yang memproduksi olahan kripik tempe dengan beberapa variasi rasa. Tingginya persaingan pada produk kripik tempe juga membuat UMKM Kripik Tempe Pecah 1000 harus meningkatkan keunggulan kompetitifnya agar mampu bertahan pada pasar persaingan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi apa yang diambil melalui analisis rantai nilai (value chain) dalam upaya meningkatkan keunggulan kompetitif pada UMKM kripik tempe pecah 1000 yang menggambarkan cara untuk memandang UMKM sebagai rantai aktivitas yang juga mengubah input menjadi output yang bernilai bagi pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan adanya strategi guna meningkatkan keunggulan kompetitif melalui rantai nilai pada UMKM Kripik Tempe Pecah 1000. Fokus strategi pada penguatan aktivitas utama dan pendukung, strategi tersebut meliputi adanya deferensiasi produk, efisiensi operasional, dan strategi kemitraan. Pada analisis nilai tambah yang dilakukan pada proses operasional produksi UMKM kripik tempe menunjukkan nilai tambah yang didapat yaitu sebesar 5.812,22, Hal tersebut dikarenakan hasil nilai tambah yang tertinggi diperoleh dari aktivitas penjualan dan pemasaran.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Contributors
WIJAYANTINI, BAYU
NIDN0717027904
Contributors
SARI, MAHENI IKA
NIDN0011087701

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Analisis Rantai Nilai, Keunggulan Kompetitif
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 338 Production, Industrial Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Lailatul Rosaida | lailatulrosaida10@gmail.com
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:06
Last Modified: 14 Jul 2025 02:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25535

Actions (login required)

View Item View Item