Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Kesadaran Beribadah Siswa Kelas IX MTs Miftahul Ulum Pronojiwo Lumajang



ROHMAH, INTAN MUTHI'ATUR (2025) Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Kesadaran Beribadah Siswa Kelas IX MTs Miftahul Ulum Pronojiwo Lumajang. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (852kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Pendidikan Agama Islam
dalam membentuk kesadaran spiritual siswa, khususnya dalam menjalankan ibadah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap kesadaran beribadah siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Pronojiwo Lumajang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 42 orang, menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui angket tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi (R) sebesar 0,806, yang berarti terdapat hubungan yang sangat kuat antara Pendidikan Agama Islam dan kesadaran beribadah siswa. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,649, yang berarti bahwa 64,9% variabel kesadaran beribadah dipengaruhi oleh Pendidikan Agama Islam, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,01 menandakan bahwa pengaruh tersebut signifikan secara statistik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Pendidikan Agama Islam berpengaruh signifikan dan kuat terhadap kesadaran beribadah siswa. Peningkatan kualitas pembelajaran agama di sekolah dapat secara nyata mendorong kesadaran siswa dalam melaksanakan ibadah secara konsisten.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
NURSYAMSIYAH, SITI
NIDN0706027901
UNSPECIFIED
TAMAMI, BADRUT
NIDN0722108603

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, kesadaran beribadah, siswa.
Subjects: 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Intan Muthi’atur Rohmah | intanmuthiatur2@gmail.com
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:38
Last Modified: 14 Jul 2025 03:38
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25544

Actions (login required)

View Item View Item