Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Kesadaran Beribadah Siswa Kelas IX MTs Miftahul Ulum Pronojiwo Lumajang
ROHMAH, INTAN MUTHI'ATUR (2025) Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Kesadaran Beribadah Siswa Kelas IX MTs Miftahul Ulum Pronojiwo Lumajang. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (852kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (466kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (911kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (768kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (555kB) |
![]() |
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Pendidikan Agama Islam
dalam membentuk kesadaran spiritual siswa, khususnya dalam menjalankan ibadah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap kesadaran beribadah siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Pronojiwo Lumajang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 42 orang, menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui angket tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi (R) sebesar 0,806, yang berarti terdapat hubungan yang sangat kuat antara Pendidikan Agama Islam dan kesadaran beribadah siswa. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,649, yang berarti bahwa 64,9% variabel kesadaran beribadah dipengaruhi oleh Pendidikan Agama Islam, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,01 menandakan bahwa pengaruh tersebut signifikan secara statistik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Pendidikan Agama Islam berpengaruh signifikan dan kuat terhadap kesadaran beribadah siswa. Peningkatan kualitas pembelajaran agama di sekolah dapat secara nyata mendorong kesadaran siswa dalam melaksanakan ibadah secara konsisten.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDNURSYAMSIYAH, SITINIDN0706027901UNSPECIFIEDTAMAMI, BADRUTNIDN0722108603
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Pendidikan Agama Islam, kesadaran beribadah, siswa. |
Subjects: | 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) |
Depositing User: | Intan Muthi’atur Rohmah | intanmuthiatur2@gmail.com |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:38 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:38 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |