PENGARUH CSR, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODARASI
WIJAYA, ZICO IS MIRZA (2025) PENGARUH CSR, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODARASI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (597kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (611kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (806kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (573kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), profitabilitas, dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini didasarkan pada latar belakang bahwa ketiga variabel tersebut memiliki potensi untuk mempengaruhi nilai perusahaan secara langsung maupun tidak langsung, serta adanya peran moderasi dari ukuran perusahaan yang dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2020–2022. Metode analisis yang digunakan meliputi regresi linier berganda dengan pengujian moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan Profitabilitas dan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan CSR berpengaruh negatif. Selain itu, ukuran perusahaan sebagai variabel pemoderasi memperkuat hubungan antara CSR, profitabilitas dan leverage dengan nilai perusahaan. Temuan ini memberikan kontribusi kepada perusahaan dan pemangku kepentingan dalam memahami pentingnya pengungkapan CSR, profitabilitas dan leverage dalam meningkatkan nilai perusahaan, terutama pada perusahaan besar.
Kata Kunci : CSR, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingSUHARSONO, RIYANTO SETIAWANNIDN0729127201Dosen PembimbingAFROH, IBNA KAMELIA FIELNIDN0728028702
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | CSR, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan |
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric 800 Literature and Rhetoric > 806 Organization an Management of Literatures |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Accounting (S1) |
Depositing User: | zico is mirza wijaya | zicowijaya99@gmail.com |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 02:09 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 02:09 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |