PENGARUH CSR, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODARASI



WIJAYA, ZICO IS MIRZA (2025) PENGARUH CSR, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODARASI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (573kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), profitabilitas, dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini didasarkan pada latar belakang bahwa ketiga variabel tersebut memiliki potensi untuk mempengaruhi nilai perusahaan secara langsung maupun tidak langsung, serta adanya peran moderasi dari ukuran perusahaan yang dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2020–2022. Metode analisis yang digunakan meliputi regresi linier berganda dengan pengujian moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan Profitabilitas dan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan CSR berpengaruh negatif. Selain itu, ukuran perusahaan sebagai variabel pemoderasi memperkuat hubungan antara CSR, profitabilitas dan leverage dengan nilai perusahaan. Temuan ini memberikan kontribusi kepada perusahaan dan pemangku kepentingan dalam memahami pentingnya pengungkapan CSR, profitabilitas dan leverage dalam meningkatkan nilai perusahaan, terutama pada perusahaan besar.
Kata Kunci : CSR, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
SUHARSONO, RIYANTO SETIAWAN
NIDN0729127201
Dosen Pembimbing
AFROH, IBNA KAMELIA FIEL
NIDN0728028702

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: CSR, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan
Subjects: 800 Literature and Rhetoric
800 Literature and Rhetoric > 806 Organization an Management of Literatures
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Depositing User: zico is mirza wijaya | zicowijaya99@gmail.com
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:09
Last Modified: 21 Jul 2025 02:09
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25738

Actions (login required)

View Item View Item