Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Pada Era Globalisasi Industri di SMP Al-Badri Kalisat Jember
Ardiyanto, Fauzi (2025) Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Pada Era Globalisasi Industri di SMP Al-Badri Kalisat Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
halaman depan.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK indonesia,arab dan inggris.pdf Download (593kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN ASUMSI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
Lampiran 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) | Request a copy |
Abstract
Fauzi Ardiyanto, NIM (2010911011), 2025, “Kompetensi Guru Penelitian ini membahas kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menghadapi tantangan globalisasi era industri 4.0, dengan fokus pada SMP Al-Badri Kalisat Jember. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan pesat teknologi informasi dan komunikasi yang menuntut peran guru lebih dari sekadar pengajar, tetapi juga sebagai pendidik yang adaptif dan inovatif. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru-guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama guru PAI meliputi keterbatasan dalam penguasaan teknologi pembelajaran digital, pergeseran nilai-nilai moral pada peserta didik akibat pengaruh media sosial, serta tekanan untuk menciptakan metode pengajaran yang menarik dan kontekstual. Namun, sebagian guru mampu menunjukkan kemampuan profesional dengan melakukan pengembangan diri, memanfaatkan media digital sebagai sarana pembelajaran, dan menanamkan nilai-nilai keislaman melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi profesional guru PAI dapat ditingkatkan melalui pelatihan teknologi, pembinaan kepribadian, dan penguatan kurikulum berbasis karakter. Implikasi dari studi ini diharapkan menjadi dasar pengambilan kebijakan dalam peningkatan kapasitas guru di tengah arus globalisasi.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingNursyamsiyah, SitiNIDN0706027901Dosen PembimbingHuda, HairulNIDN0720018902
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | kompetensi Profesional, Guru PAI, Globalisasi, Pembelajaran Digital |
Subjects: | 200 Religious > 210 Philosophy and Theory of Religion 300 Social Science > 370 Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) |
Depositing User: | Fauzi Ardiyanto | FauziArdiyanto01@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:41 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 03:00 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25804 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |