Pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw dan minat belajar pada mata pelajaran penjaskes di SMA AL-FALAH Silo Jember semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023



Lestari, Linda (2022) Pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw dan minat belajar pada mata pelajaran penjaskes di SMA AL-FALAH Silo Jember semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. pendahuluan.pdf] Text
1. pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. abstrak.pdf] Text
2. abstrak.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 3. bab i.pdf] Text
3. bab i.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 4. bab ii.pdf] Text
4. bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. bab iii.pdf] Text
5. bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. bab iv.pdf] Text
6. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. bab v.pdf] Text
7. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. bab vi.pdf] Text
8. bab vi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. daftar pustaka.pdf] Text
9. daftar pustaka.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 10. lampiran.pdf] Text
10. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan minat belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjaskes) pada siswa kelas XI di SMA Al-Falah Silo Jember. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan partisipasi aktif dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Penjaskes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental). Sampel penelitian diambil secara purposive, melibatkan dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar dan angket minat belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu, minat belajar juga memberikan kontribusi positif terhadap efektivitas pembelajaran Penjaskes. Dengan demikian, penerapan model Jigsaw yang didukung oleh minat belajar tinggi dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Yono, Topo
nidn0702038203
Dosen Pembimbing
Sulaiman, Ahmad
nidn0711019004

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: model pembelajaran Jigsaw, minat belajar, Penjaskes, hasil belajar, SMA
Subjects: 700 The Art, Entertainment and Sport > 707 Education, Research & Related Topic
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Physical and Sport Education (S1)
Depositing User: Linda Lestari | lindalestari4597@gmail.com
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:10
Last Modified: 04 Aug 2025 03:10
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26168

Actions (login required)

View Item View Item