Pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw dan minat belajar pada mata pelajaran penjaskes di SMA AL-FALAH Silo Jember semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023
Lestari, Linda (2022) Pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw dan minat belajar pada mata pelajaran penjaskes di SMA AL-FALAH Silo Jember semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. pendahuluan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. abstrak.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
3. bab i.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
4. bab ii.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. bab iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. bab vi.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. daftar pustaka.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
10. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan minat belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjaskes) pada siswa kelas XI di SMA Al-Falah Silo Jember. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan partisipasi aktif dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Penjaskes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental). Sampel penelitian diambil secara purposive, melibatkan dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar dan angket minat belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu, minat belajar juga memberikan kontribusi positif terhadap efektivitas pembelajaran Penjaskes. Dengan demikian, penerapan model Jigsaw yang didukung oleh minat belajar tinggi dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingYono, Toponidn0702038203Dosen PembimbingSulaiman, Ahmadnidn0711019004
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | model pembelajaran Jigsaw, minat belajar, Penjaskes, hasil belajar, SMA |
Subjects: | 700 The Art, Entertainment and Sport > 707 Education, Research & Related Topic |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Physical and Sport Education (S1) |
Depositing User: | Linda Lestari | lindalestari4597@gmail.com |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:10 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:10 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |