TABS MEDIA PEMBELAJARAN STIK MEMBACA AWAL UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN
MASIDAH, MASIDAH (2025) TABS MEDIA PEMBELAJARAN STIK MEMBACA AWAL UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
PENDAHULUAN - Copy.pdf Download (496kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Literasi merupakan fondasi penting dalam perkembangan anak usia dini dan pencapaian akademik di masa depan. Salah satu komponen utama literasi awal adalah membaca permulaan, yang mencakup pengenalan huruf dan bunyi, penggabungan huruf menjadi kata, serta pemahaman makna bacaan. Anak usia dini belajar secara optimal melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif, terutama melalui kegiatan bermain. Berdasarkan observasi awal di salah satu taman kanak-kanak di Kabupaten Jember, ditemukan bahwa sebagian besar anak sudah mampu membaca kata, namun masih mengalami kesulitan dalam merangkai kata menjadi kalimat. Hal ini menunjukkan perlunya media pembelajaran yang mendukung perkembangan literasi secara menyenangkan dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa permainan edukatif “STIKA” (Stik Kata), yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan literasi anak usia 5–6 tahun, khususnya dalam menyusun kalimat sederhana. STIKA terdiri dari stik yang bertuliskan huruf atau kata, digunakan dalam aktivitas bermain sambil belajar untuk membantu anak mengenali huruf, meningkatkan kesadaran fonetik, memperluas kosakata, serta merangsang kreativitas dan konsentrasi. Hasil uji coba dan validasi oleh ahli pendidikan menunjukkan bahwa media pembelajaran STIKA secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan literasi dan membaca awal anak.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingWARDHANI, WAHJU DYAH LAKSMINIDN0706046703
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Anak Usia Dini, Literasi, Membaca Awal, Permainan Edukatif Anak Usia Dini, Literasi, Membaca Awal, Permainan Edukatif Anak Usia Dini, Literasi, Membaca Awal, Permainan Edukatif |
Subjects: | 400 Language 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | Masidah Masidah | masidah888@gmail.com |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:19 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:26 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26747 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |