TABS MEDIA PEMBELAJARAN STIK MEMBACA AWAL UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN



MASIDAH, MASIDAH (2025) TABS MEDIA PEMBELAJARAN STIK MEMBACA AWAL UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of PENDAHULUAN - Copy.pdf] Text
PENDAHULUAN - Copy.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR RUJUKAN.pdf] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Literasi merupakan fondasi penting dalam perkembangan anak usia dini dan pencapaian akademik di masa depan. Salah satu komponen utama literasi awal adalah membaca permulaan, yang mencakup pengenalan huruf dan bunyi, penggabungan huruf menjadi kata, serta pemahaman makna bacaan. Anak usia dini belajar secara optimal melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif, terutama melalui kegiatan bermain. Berdasarkan observasi awal di salah satu taman kanak-kanak di Kabupaten Jember, ditemukan bahwa sebagian besar anak sudah mampu membaca kata, namun masih mengalami kesulitan dalam merangkai kata menjadi kalimat. Hal ini menunjukkan perlunya media pembelajaran yang mendukung perkembangan literasi secara menyenangkan dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa permainan edukatif “STIKA” (Stik Kata), yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan literasi anak usia 5–6 tahun, khususnya dalam menyusun kalimat sederhana. STIKA terdiri dari stik yang bertuliskan huruf atau kata, digunakan dalam aktivitas bermain sambil belajar untuk membantu anak mengenali huruf, meningkatkan kesadaran fonetik, memperluas kosakata, serta merangsang kreativitas dan konsentrasi. Hasil uji coba dan validasi oleh ahli pendidikan menunjukkan bahwa media pembelajaran STIKA secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan literasi dan membaca awal anak.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
WARDHANI, WAHJU DYAH LAKSMI
NIDN0706046703

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Anak Usia Dini, Literasi, Membaca Awal, Permainan Edukatif Anak Usia Dini, Literasi, Membaca Awal, Permainan Edukatif Anak Usia Dini, Literasi, Membaca Awal, Permainan Edukatif
Subjects: 400 Language
400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Masidah Masidah | masidah888@gmail.com
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:19
Last Modified: 14 Aug 2025 07:26
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26747

Actions (login required)

View Item View Item