IMPLEMENTASI METODE MUROJA'AH DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'ANDI KELAS XI SMA AL-FURQAN JEMBER
KAMALUDDIN, ZAKKI ROBIT (2025) IMPLEMENTASI METODE MUROJA'AH DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'ANDI KELAS XI SMA AL-FURQAN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
A Pendahuluan.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
B Abstrak.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
C Bab 1.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
D Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
![]() |
Text
E Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
![]() |
Text
G Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H Bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
![]() |
Text
I Daftar Rujukan.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
J Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Muroja’ah adalah metode mengulang hafalan ayat-ayat Al-Qur’an yang telah
dihafal dan diperdengarkan kepada guru. Metode ini umum diterapkan di lembaga
pendidikan yang memiliki program tahfidz Al-Qur’an. Di SMA Al-Furqan
Jember, guru menerapkan metode muroja’ah qorib dan ba’id. Muroja’ah qorib
dilakukan terhadap hafalan baru, sedangkan muroja’ah ba’id ditujukan untuk
hafalan yang telah lama. Pembelajaran tahfidz di sekolah ini merupakan
kelanjutan dari program tahsin dan tartil, serta menjadi bagian dari visi misi
sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, hambatan, dan
solusi dari penerapan metode muroja’ah dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di
kelas XI SMA Al-Furqan Jember. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan muroja’ah
dilakukan secara terstruktur, baik secara mandiri maupun berkelompok, dengan
pendampingan guru tahfidz. Hambatan yang dihadapi mencakup motivasi siswa
yang fluktuatif, keterbatasan waktu, dan kurangnya kedisiplinan siswa dalam
muroja’ah mandiri. Solusi yang dilakukan guru adalah menetapkan jadwal
muroja’ah wajib, memberikan motivasi secara berkala, serta melakukan evaluasi
hafalan secara rutin. Penelitian ini memberikan gambaran praktis pelaksanaan
metode muroja’ah di tingkat SMA dan dapat dijadikan acuan dalam
pengembangan program tahfidz di sekolah.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingROFI, SOFYANNIDN0705078402Dosen PembimbingHUDA, HAIRULNIDN0720018902
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Metode Muroja’ah, Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an dan SMA |
Subjects: | 200 Religious |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) |
Depositing User: | Zakki Robit Kamaluddin | robitkamaluddin@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 01:09 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 01:09 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27419 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |