IMPLEMENTASI METODE MUROJA'AH DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'ANDI KELAS XI SMA AL-FURQAN JEMBER



KAMALUDDIN, ZAKKI ROBIT (2025) IMPLEMENTASI METODE MUROJA'AH DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'ANDI KELAS XI SMA AL-FURQAN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A Pendahuluan.pdf] Text
A Pendahuluan.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of B Abstrak.pdf] Text
B Abstrak.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of C Bab 1.pdf] Text
C Bab 1.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of D Bab 2.pdf] Text
D Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of E Bab 3.pdf] Text
E Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of F Bab 4.pdf] Text
F Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[thumbnail of G Bab 5.pdf] Text
G Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[thumbnail of H Bab 6.pdf] Text
H Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of I Daftar Rujukan.pdf] Text
I Daftar Rujukan.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of J Lampiran.pdf] Text
J Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Muroja’ah adalah metode mengulang hafalan ayat-ayat Al-Qur’an yang telah
dihafal dan diperdengarkan kepada guru. Metode ini umum diterapkan di lembaga
pendidikan yang memiliki program tahfidz Al-Qur’an. Di SMA Al-Furqan
Jember, guru menerapkan metode muroja’ah qorib dan ba’id. Muroja’ah qorib
dilakukan terhadap hafalan baru, sedangkan muroja’ah ba’id ditujukan untuk
hafalan yang telah lama. Pembelajaran tahfidz di sekolah ini merupakan
kelanjutan dari program tahsin dan tartil, serta menjadi bagian dari visi misi
sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, hambatan, dan
solusi dari penerapan metode muroja’ah dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di
kelas XI SMA Al-Furqan Jember. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan muroja’ah
dilakukan secara terstruktur, baik secara mandiri maupun berkelompok, dengan
pendampingan guru tahfidz. Hambatan yang dihadapi mencakup motivasi siswa
yang fluktuatif, keterbatasan waktu, dan kurangnya kedisiplinan siswa dalam
muroja’ah mandiri. Solusi yang dilakukan guru adalah menetapkan jadwal
muroja’ah wajib, memberikan motivasi secara berkala, serta melakukan evaluasi
hafalan secara rutin. Penelitian ini memberikan gambaran praktis pelaksanaan
metode muroja’ah di tingkat SMA dan dapat dijadikan acuan dalam
pengembangan program tahfidz di sekolah.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
ROFI, SOFYAN
NIDN0705078402
Dosen Pembimbing
HUDA, HAIRUL
NIDN0720018902

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Metode Muroja’ah, Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an dan SMA
Subjects: 200 Religious
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Zakki Robit Kamaluddin | robitkamaluddin@gmail.com
Date Deposited: 23 Aug 2025 01:09
Last Modified: 23 Aug 2025 01:09
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27419

Actions (login required)

View Item View Item