Peran Digital Marketing kreativitas dan inovasi terhadap daya saing umkm batik dikota jember
nur fauziyah, khoirunnisa (2025) Peran Digital Marketing kreativitas dan inovasi terhadap daya saing umkm batik dikota jember. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah jember.
![]() |
Text
A. Pendahuluan.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
B. Abstrak.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
C. Bab 1.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
D. Bab 2 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. Daftar Pustaka 2.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
I. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing, kreativitas, dan inovasi terhadap daya saing UMKM batik di Kota Jember. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari pelaku UMKM batik melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode anlisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing UMKM. Digital marketing terbukti meningkatkan akses pasar, interaksi dengan konsumen, serta loyalitas pelanggan. Kreativitas pelaku UMKM berperan penting dalam menghasilkan produk batik yang unik dan sesuai tren pasar, sementara inovasi memungkinkan UMKM menciptakan produk baru dan memperbaiki produk lama guna memenuhi kebutuhan konsumen yang dinamis. Penelitian ini merekomendasikan penguatan strategi digital marketing, peningkatan kreativitas, dan inovasi produk secara berkelanjutan sebagai kunci untuk mempertahankan dan meningkatkan daya saing UMKM batik di tengah persaingan pasar yang semakin ketat. Dukungan dari pemerintah dan lembaga terkait juga sangat diperlukan untuk mendorong pengembangan UMKM secara optimal.
Kata kunci: Digital Marketing, Kreativitas, Inovasi, Daya Saing
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingHermawan, HarisNIDN0710106801Dosen Pembimbingrusdiyanto, RusdiyantoNIDN0728019101
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Digital Marketing, Creativity, Innovation, Competitiveness |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management (S1) |
Depositing User: | khoirunnisaa Nur Fauziyah | khoirunnisanurfauziah1@gmail.com |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:41 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 03:41 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27507 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |