HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN SELF EFFICACY AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU
Wardhana, Axel Pradipta Putra (2025) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN SELF EFFICACY AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN (1).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK (1).pdf Download (833kB) |
![]() |
Text
3. BAB I (2).pdf Download (906kB) |
![]() |
Text
4. BAB II (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (922kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (906kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (849kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (800kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Masa transisi dari sekolah menengah ke perguruan tinggi seringkali menimbulkan
tantangan adaptasi yang memengaruhi keyakinan diri mahasiswa baru dalam
menjalani kehidupan akademik. Salah satu faktor yang diyakini berkontribusi
terhadap Self-efficacy akademik adalah dukungan sosial teman sebaya. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya
dengan Self-efficacy akademik pada mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah
Jember. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif korelasional, dengan
melibatkan 310 responden yang dipilih melalui teknik snowball sampling.
Instrumen yang digunakan adalah skala Self-efficacy akademik dan skala
dukungan sosial teman sebaya yang telah diuji validitas (r hitung berada antara
0,342 hingga 0,665) dan reliabilitasnya (α=0,910) . Hasil analisis dengan Pearson
Product Moment menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara
dukungan sosial teman sebaya dan self-efficacy akademik (r = 0,404, p < 0,05).
Artinya, semakin tinggi dukungan sosial yang diperoleh mahasiswa dari teman
sebayanya, maka semakin tinggi pula tingkat self-efficacy akademik yang mereka
miliki. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi institusi pendidikan untuk
mengembangkan program dukungan sosial antar mahasiswa baru sebagai upaya
meningkatkan keberhasilan akademik sosial antar mahasiswa baru guna
menunjang keberhasilan akademik.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingRahmanawati, Festa YumpiNIDN0702096401Dosen PembimbingMuhibbin, Maulana ArifNIDN0718079401
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Self-efficacy akademik, dukungan sosial teman sebaya, mahasiswa baru |
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) |
Depositing User: | Axel Pradipta Putra Wardhana | axelpradipta90@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 01:13 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 01:13 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |