HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN SELF EFFICACY AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU



Wardhana, Axel Pradipta Putra (2025) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN SELF EFFICACY AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN (1).pdf] Text
1. PENDAHULUAN (1).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK (1).pdf] Text
2. ABSTRAK (1).pdf

Download (833kB)
[thumbnail of 3. BAB I (2).pdf] Text
3. BAB I (2).pdf

Download (906kB)
[thumbnail of 4. BAB II (1).pdf] Text
4. BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III (1).pdf] Text
5. BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV (1).pdf] Text
6. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V (1).pdf] Text
7. BAB V (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (800kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN (1).pdf] Text
9. LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Masa transisi dari sekolah menengah ke perguruan tinggi seringkali menimbulkan
tantangan adaptasi yang memengaruhi keyakinan diri mahasiswa baru dalam
menjalani kehidupan akademik. Salah satu faktor yang diyakini berkontribusi
terhadap Self-efficacy akademik adalah dukungan sosial teman sebaya. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya
dengan Self-efficacy akademik pada mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah
Jember. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif korelasional, dengan
melibatkan 310 responden yang dipilih melalui teknik snowball sampling.
Instrumen yang digunakan adalah skala Self-efficacy akademik dan skala
dukungan sosial teman sebaya yang telah diuji validitas (r hitung berada antara
0,342 hingga 0,665) dan reliabilitasnya (α=0,910) . Hasil analisis dengan Pearson
Product Moment menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara
dukungan sosial teman sebaya dan self-efficacy akademik (r = 0,404, p < 0,05).
Artinya, semakin tinggi dukungan sosial yang diperoleh mahasiswa dari teman
sebayanya, maka semakin tinggi pula tingkat self-efficacy akademik yang mereka
miliki. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi institusi pendidikan untuk
mengembangkan program dukungan sosial antar mahasiswa baru sebagai upaya
meningkatkan keberhasilan akademik sosial antar mahasiswa baru guna
menunjang keberhasilan akademik.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Rahmanawati, Festa Yumpi
NIDN0702096401
Dosen Pembimbing
Muhibbin, Maulana Arif
NIDN0718079401

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Self-efficacy akademik, dukungan sosial teman sebaya, mahasiswa baru
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Axel Pradipta Putra Wardhana | axelpradipta90@gmail.com
Date Deposited: 26 Aug 2025 01:13
Last Modified: 26 Aug 2025 01:13
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27626

Actions (login required)

View Item View Item