METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI
AVIVA, CHOLIDIAH (2025) METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
Cover - Daftar Tabel.pdf Download (684kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (516kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (513kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
Abstract
Cholidiah Aviva, 2025. Metode Bercerita Untuk Meningkatakan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pemebimbing: (1) Dra. Khoiriyah, M.Pd. (2) Dr. Misyana M.Pd.
Penelitian ini mengkaji efektivitas metode bercerita sebagai pendekatan pembelajaran yang dapat mendukung perkembangan kemampuan berbicara pada anak usia dini. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, studi ini berfokus pada proses dan hasil dari penerapan metode bercerita dalam konteks pembelajaran sehari-hari. Kemampuan berbicara merupakan aspek fundamental dalam perkembangan bahasa, yang tidak hanya mencerminkan pemahaman anak terhadap bahasa, tetapi juga menjadi sarana untuk membangun relasi sosial dan mengekspresikan diri. Metode bercerita dipandang sebagai strategi yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mampu memberikan stimulus bagi anak untuk mendengarkan secara aktif, memahami makna, dan mengungkapkan kembali isi cerita dengan kata-kata mereka sendiri. Dalam artikel ini, penekanan diberikan pada bagaimana cerita dapat memperkaya kosakata anak, meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara, serta mendorong interaksi sosial yang bermakna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bercerita tidak hanya meningkatkan pemahaman anak terhadap struktur bahasa, tetapi juga membuka ruang bagi mereka untuk mengekspresikan ide, pengalaman, dan perasaan secara verbal. Proses ini memperkuat keterampilan berbicara anak secara alami dan bertahap, sesuai dengan ritme perkembangan mereka. Melalui pendekatan ini, anak-anak tidak hanya belajar menggunakan bahasa, tetapi juga membangun hubungan emosional dengan isi cerita dan lingkungan belajar mereka. Dengan demikian, metode bercerita menjadi salah satu pendekatan yang relevan dan menyenangkan dalam mendukung tumbuh kembang bahasa anak pada masa usia dini, yang dikenal sebagai masa emas perkembangan.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingKHOIRIYAH, KHOIRIYAHNIDN0725116503Dosen PembimbingMISYANA, MISYANANIDN0021115905
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | METODE BERCERITA DAN KEMAMPUAN BERBICARA |
Subjects: | 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | Cholidiah Aviva | avivacholidiah@gmail.com |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 01:43 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 01:44 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27717 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |