METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI



AVIVA, CHOLIDIAH (2025) METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of Cover - Daftar Tabel.pdf] Text
Cover - Daftar Tabel.pdf

Download (684kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6.pdf] Text
Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy

Abstract

Cholidiah Aviva, 2025. Metode Bercerita Untuk Meningkatakan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pemebimbing: (1) Dra. Khoiriyah, M.Pd. (2) Dr. Misyana M.Pd.
Penelitian ini mengkaji efektivitas metode bercerita sebagai pendekatan pembelajaran yang dapat mendukung perkembangan kemampuan berbicara pada anak usia dini. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, studi ini berfokus pada proses dan hasil dari penerapan metode bercerita dalam konteks pembelajaran sehari-hari. Kemampuan berbicara merupakan aspek fundamental dalam perkembangan bahasa, yang tidak hanya mencerminkan pemahaman anak terhadap bahasa, tetapi juga menjadi sarana untuk membangun relasi sosial dan mengekspresikan diri. Metode bercerita dipandang sebagai strategi yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mampu memberikan stimulus bagi anak untuk mendengarkan secara aktif, memahami makna, dan mengungkapkan kembali isi cerita dengan kata-kata mereka sendiri. Dalam artikel ini, penekanan diberikan pada bagaimana cerita dapat memperkaya kosakata anak, meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara, serta mendorong interaksi sosial yang bermakna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bercerita tidak hanya meningkatkan pemahaman anak terhadap struktur bahasa, tetapi juga membuka ruang bagi mereka untuk mengekspresikan ide, pengalaman, dan perasaan secara verbal. Proses ini memperkuat keterampilan berbicara anak secara alami dan bertahap, sesuai dengan ritme perkembangan mereka. Melalui pendekatan ini, anak-anak tidak hanya belajar menggunakan bahasa, tetapi juga membangun hubungan emosional dengan isi cerita dan lingkungan belajar mereka. Dengan demikian, metode bercerita menjadi salah satu pendekatan yang relevan dan menyenangkan dalam mendukung tumbuh kembang bahasa anak pada masa usia dini, yang dikenal sebagai masa emas perkembangan.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
KHOIRIYAH, KHOIRIYAH
NIDN0725116503
Dosen Pembimbing
MISYANA, MISYANA
NIDN0021115905

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: METODE BERCERITA DAN KEMAMPUAN BERBICARA
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Cholidiah Aviva | avivacholidiah@gmail.com
Date Deposited: 27 Aug 2025 01:43
Last Modified: 27 Aug 2025 01:44
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27717

Actions (login required)

View Item View Item