STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK FAFITRI KABUPATEEN JEMBER



PUSPITASARI, NABILA DWI (2025) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK FAFITRI KABUPATEEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of hal_depan[2].pdf] Text
hal_depan[2].pdf

Download (742kB)
[thumbnail of ABSTRAK (1).pdf] Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (195kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V (2).pdf] Text
BAB V (2).pdf

Download (210kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

Kemandirian anak adalah kemampuan anak untuk mengatur dirinya sendiri, mengambil keputusan, menyelesaikan tugas atau masalah tanpa selalu bergantung pada bantuan orang dewasa. Ini mencakup aspek fisik, emosional, sosial, dan kognitif, dan berkembang secara bertahap sesuai dengan usia dan pengalaman anak. Kemandirian perlu diajarkan sejak dini karena akan memudahkan anak dalam memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.kemandirian juga mengantarkan anak untuk memiliki kepercayaan diri dan motivasi .Kemandirian merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak yang berperan besar dalam membentuk karakter, tanggung jawab, dan kemampuan anak dalam menghadapi berbagai situasi kehidupan. Guru sebagai pendidik memiliki peran strategis dalam menumbuhkan dan meningkatkan kemandirian anak, khususnya dalam lingkungan pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan kemandirian anak di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi yang efektif meliputi pemberian tanggung jawab sesuai usia, pendekatan pembelajaran aktif, pemberian pilihan dan kebebasan terbimbing, penggunaan penguatan positif, serta penciptaan lingkungan belajar yang mendukung eksplorasi dan inisiatif anak. Penerapan strategi ini terbukti mampu meningkatkan kemampuan anak dalam mengatur diri sendiri, mengambil keputusan, dan menyelesaikan tugas tanpa ketergantungan berlebihan pada guru. Dengan demikian, peran guru sangat vital dalam menumbuhkan kemandirian anak melalui pendekatan yang terencana, konsisten, dan disesuaikan dengan tahap perkembangan mereka.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
KHOIRIYAH, KHOIRIYAH
NIDN0725116503
Dosen Pembimbing
ADWITIYA, ASTI BHAWIKA
NIDN0725049301

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: kemandirian anak, strategi guru dalam meningkatkan kemandirian anak
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Nabila dwi puspitasari | nabiladwipuspitapuspita31999@gmail.com
Date Deposited: 27 Aug 2025 06:55
Last Modified: 27 Aug 2025 06:55
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27732

Actions (login required)

View Item View Item