STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK FAFITRI KABUPATEEN JEMBER
PUSPITASARI, NABILA DWI (2025) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK FAFITRI KABUPATEEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
hal_depan[2].pdf Download (742kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK (1).pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V (2).pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
Abstract
Kemandirian anak adalah kemampuan anak untuk mengatur dirinya sendiri, mengambil keputusan, menyelesaikan tugas atau masalah tanpa selalu bergantung pada bantuan orang dewasa. Ini mencakup aspek fisik, emosional, sosial, dan kognitif, dan berkembang secara bertahap sesuai dengan usia dan pengalaman anak. Kemandirian perlu diajarkan sejak dini karena akan memudahkan anak dalam memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.kemandirian juga mengantarkan anak untuk memiliki kepercayaan diri dan motivasi .Kemandirian merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak yang berperan besar dalam membentuk karakter, tanggung jawab, dan kemampuan anak dalam menghadapi berbagai situasi kehidupan. Guru sebagai pendidik memiliki peran strategis dalam menumbuhkan dan meningkatkan kemandirian anak, khususnya dalam lingkungan pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan kemandirian anak di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi yang efektif meliputi pemberian tanggung jawab sesuai usia, pendekatan pembelajaran aktif, pemberian pilihan dan kebebasan terbimbing, penggunaan penguatan positif, serta penciptaan lingkungan belajar yang mendukung eksplorasi dan inisiatif anak. Penerapan strategi ini terbukti mampu meningkatkan kemampuan anak dalam mengatur diri sendiri, mengambil keputusan, dan menyelesaikan tugas tanpa ketergantungan berlebihan pada guru. Dengan demikian, peran guru sangat vital dalam menumbuhkan kemandirian anak melalui pendekatan yang terencana, konsisten, dan disesuaikan dengan tahap perkembangan mereka.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingKHOIRIYAH, KHOIRIYAHNIDN0725116503Dosen PembimbingADWITIYA, ASTI BHAWIKANIDN0725049301
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | kemandirian anak, strategi guru dalam meningkatkan kemandirian anak |
Subjects: | 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | Nabila dwi puspitasari | nabiladwipuspitapuspita31999@gmail.com |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 06:55 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 06:55 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27732 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |