KOMPARASI HASIL BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING (PEMBELAJARAN ONLINE TERPADU) DENGAN PEMBELAJARAN KLASIKAL PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATi



Vitrahutama, Henry Febiar (2019) KOMPARASI HASIL BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING (PEMBELAJARAN ONLINE TERPADU) DENGAN PEMBELAJARAN KLASIKAL PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of JURNAL.pdf] Text
JURNAL.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai, dilakukan ataupun dikerjakan oleh peserta didik sebagai tanda bukti keberhasilan yang telah dicapai. Blended Learning merupakan suatu kombinasi dari berbagai macam model pembelajaran ditujukan untuk mengoptimalkan suatu proses pembelajaran baik dari jarak jauh, tradisional, bermedia, maupun berbasis komputer. Pembelajaran Klasikal merupakan kegiatan melakukan diskusi (tanya jawab) dalam suatu kelompok besar yaitu semua peserta didik yang berada di dalam kelas. Penelitian ini berjudul Komparasi Hasil Belajar antara Pembelajaran Menggunakan Blended Learning (Pembelajaran Online Terpadu) dengan Pembelajaran Klasikal pada Materi Keanekaragaman Hayati. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri Arjasa. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment, dengan metode Pretest-Posttest Non Equivalen Control Group, dimana penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas kontrol (klasikal) dan kelas eksperimen (Blended Learning). analisis data menggunakan uji independent sample t-test dilanjut dengan uji n-gain. terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan Blended Learning dengan pembelajaran klasikal.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Komarayanti, Sawitri
nidn8802183
Dosen Pembimbing
Prafitasari, Aulya Nanda
UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Hasil Belajar, Blended Learning, Klasikal
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Vitrahutama Henry Febiar | henry.febiar@gmail.com
Date Deposited: 21 Feb 2020 01:26
Last Modified: 21 Feb 2020 01:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3601

Actions (login required)

View Item View Item