PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA POKOK BAHASAN FILUM MOLLUSCA SMA KELAS X



Hidayati, Luluk (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA POKOK BAHASAN FILUM MOLLUSCA SMA KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (534kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan hal yang tidak
dapat dipisahkan dari lembaga pendidikan. Proses pembelajaran biologi dengan
menggunakan media pembelajaran memiliki peran penting dalam kegiatan belajar
mengajar. Berdasarkan hasil observasi di sekolah SMA Muhammadiyah 3 Jember
bahwa siswa cenderung mencari materi di internet dari pada membaca buku,
penggunaan media pembelajaran berbasis video akan menjadi solusi yang tepat
untuk dimanfaatkan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa
videoscribe sebagai media pembelajaran biologi pada pokok bahasan Filum
Mollusca SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan
dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri dari
Analysis Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam
penelitian ini melibatkan 4 validator yang ahli dalam bidangnya yaitu ahli materi,
dan ahli media dan 2 guru biologi serta 10 siswa di SMA Muhammadiyah 3
Jember sebagai responden. Hasil penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan
bahwa media pembelajaran berbasis videoscribe yang telah dikembangkan layak
digunakan sebagai media pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dari hasil
penilaian angket yang diperoleh dari ahli materi yang terdiri dari 3 aspek
diperoleh nilai 66,6% dengan kriteria valid dengan revisi. Hasil validasi dari ahli
materi yang terdiri dari 5 aspek diperoleh nilai 77,8% dengan kriteria valid
dengan revisi kecil. Hasil validasi calon pengguna yang terdiri dari 3 aspek
memperoleh nilai dengan 76% dengan kriteria valid. Sedangkan uji coba produk
yang diujikan kepada 10 siswa kelas X IPA sebagai responden diperoleh 85%
dengan kriteria sangat valid.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Komarayanti, Sawitri
nidn#
UNSPECIFIED
Priantari, Ika
nidn0715018301

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2020 02:42
Last Modified: 02 Jul 2020 02:42
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4549

Actions (login required)

View Item View Item