Hidayati, Luluk (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA POKOK BAHASAN FILUM MOLLUSCA SMA KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (534kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (448kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (426kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (721kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
Abstract
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari lembaga pendidikan. Proses pembelajaran biologi dengan menggunakan media pembelajaran memiliki peran penting dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil observasi di sekolah SMA Muhammadiyah 3 Jember bahwa siswa cenderung mencari materi di internet dari pada membaca buku, penggunaan media pembelajaran berbasis video akan menjadi solusi yang tepat untuk dimanfaatkan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa videoscribe sebagai media pembelajaran biologi pada pokok bahasan Filum Mollusca SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 4 validator yang ahli dalam bidangnya yaitu ahli materi, dan ahli media dan 2 guru biologi serta 10 siswa di SMA Muhammadiyah 3 Jember sebagai responden. Hasil penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis videoscribe yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dari hasil penilaian angket yang diperoleh dari ahli materi yang terdiri dari 3 aspek diperoleh nilai 66,6% dengan kriteria valid dengan revisi. Hasil validasi dari ahli materi yang terdiri dari 5 aspek diperoleh nilai 77,8% dengan kriteria valid dengan revisi kecil. Hasil validasi calon pengguna yang terdiri dari 3 aspek memperoleh nilai dengan 76% dengan kriteria valid. Sedangkan uji coba produk yang diujikan kepada 10 siswa kelas X IPA sebagai responden diperoleh 85% dengan kriteria sangat valid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 02 Jul 2020 02:42 | |||||||||
Last Modified: | 02 Jul 2020 02:42 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4549 |
Actions (login required)
View Item |