PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR
Konita Sari, Nurrufaidah (2018) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
ARTIKEL OK.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
2. PENDAHULUAN.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
1. BAB I OK.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
2. BAB II OK.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
![]() |
Text
3. BAB III OK.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
![]() |
Text
4. BAB IV OK.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
![]() |
Text
6. BAB V OK.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
![]() |
Text
7. BAB VI OK.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan hasil
belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Ledokombo melalui penerapan problem
based learning (PBL) dipadu reading guide pada materi pencemaran
lingkungan.Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
dengan dua siklus. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar observasi partisipasi
belajar.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara,
tes formatif, dan dokumentasi. Penerapan problem based learning (PBL) dipadu
reading guide dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas VII A, dibuktikan
dengan adanya peningkatan partisipasi belajar siswa secara klasikal dari siklus I
sebesar 67,6% dan pada siklus II sebesar 76,5% dengan peningkatan sebesar 13,2%,
serta dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII A pada materi
pencemaran lingkungan, dibuktikan dengan ketercapaian hasil belajar kognitif secara
klasikal dari pra siklus sebesar 64,7%, dengan peningkatan 9,12% pada siklus I, pada
siklus I ketuntasan klasikal yang dicapai yaitu 70,6% dengan peningkatan sebesar
12,5% pada siklus II dengan ketuntasan klasikal pada siklus II yaitu 79,4%.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDPriantari S, Ikanidn#UNSPECIFIEDKomarayanti, Sawitrinidn0719056302
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) |
Depositing User: | Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 03:32 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 03:32 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4564 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |