PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR



Konita Sari, Nurrufaidah (2018) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL OK.pdf] Text
ARTIKEL OK.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 1.  COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 2. PENDAHULUAN.pdf] Text
2. PENDAHULUAN.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 1. BAB I OK.pdf] Text
1. BAB I OK.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 2. BAB II OK.pdf] Text
2. BAB II OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[thumbnail of 3. BAB III OK.pdf] Text
3. BAB III OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[thumbnail of 4. BAB IV OK.pdf] Text
4. BAB IV OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[thumbnail of 6. BAB V OK.pdf] Text
6. BAB V OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[thumbnail of 7. BAB VI OK.pdf] Text
7. BAB VI OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan hasil
belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Ledokombo melalui penerapan problem
based learning (PBL) dipadu reading guide pada materi pencemaran
lingkungan.Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
dengan dua siklus. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar observasi partisipasi
belajar.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara,
tes formatif, dan dokumentasi. Penerapan problem based learning (PBL) dipadu
reading guide dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas VII A, dibuktikan
dengan adanya peningkatan partisipasi belajar siswa secara klasikal dari siklus I
sebesar 67,6% dan pada siklus II sebesar 76,5% dengan peningkatan sebesar 13,2%,
serta dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII A pada materi
pencemaran lingkungan, dibuktikan dengan ketercapaian hasil belajar kognitif secara
klasikal dari pra siklus sebesar 64,7%, dengan peningkatan 9,12% pada siklus I, pada
siklus I ketuntasan klasikal yang dicapai yaitu 70,6% dengan peningkatan sebesar
12,5% pada siklus II dengan ketuntasan klasikal pada siklus II yaitu 79,4%.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Priantari S, Ika
nidn#
UNSPECIFIED
Komarayanti, Sawitri
nidn0719056302

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2020 03:32
Last Modified: 02 Jul 2020 03:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4564

Actions (login required)

View Item View Item