PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR

Konita Sari, Nurrufaidah (2018) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL OK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (109kB)
[img] Text
2. PENDAHULUAN.pdf

Download (285kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
1. BAB I OK.pdf

Download (336kB)
[img] Text
2. BAB II OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
3. BAB III OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
4. BAB IV OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
6. BAB V OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
7. BAB VI OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Ledokombo melalui penerapan problem based learning (PBL) dipadu reading guide pada materi pencemaran lingkungan.Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan dua siklus. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar observasi partisipasi belajar.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes formatif, dan dokumentasi. Penerapan problem based learning (PBL) dipadu reading guide dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas VII A, dibuktikan dengan adanya peningkatan partisipasi belajar siswa secara klasikal dari siklus I sebesar 67,6% dan pada siklus II sebesar 76,5% dengan peningkatan sebesar 13,2%, serta dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII A pada materi pencemaran lingkungan, dibuktikan dengan ketercapaian hasil belajar kognitif secara klasikal dari pra siklus sebesar 64,7%, dengan peningkatan 9,12% pada siklus I, pada siklus I ketuntasan klasikal yang dicapai yaitu 70,6% dengan peningkatan sebesar 12,5% pada siklus II dengan ketuntasan klasikal pada siklus II yaitu 79,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDPriantari S, Ikanidn#
UNSPECIFIEDKomarayanti, Sawitrinidn0719056302
Date Deposited: 02 Jul 2020 03:32
Last Modified: 02 Jul 2020 03:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4564

Actions (login required)

View Item View Item