santika, desy dwi (2020) Hubungan Antara Parenting Self Efficacy Dengan Parental Involvement Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di TK AL-Baitul Amien Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (176kB) |
|
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (176kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) | Request a copy |
|
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
|
Text
I. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
J. ARTIKEL.pdf Download (2MB) |
Abstract
Parenttal involvement dalam pendidikan anak adalah bentuk partisipasi orangtua dalam pendidikan anak yang menunjukkan komitmen, dedikasi dan ketertarikan orang tua dalam pendidikan anak melalui kerjasama dengan guru baik di rumah maupun di sekolah, guna memaksimalkan perkembangan dan pendidikan anak di sekolah demi keuntungan mereka, anak dan program sekolah. Keberhasilan atau kegagalan seseorang dalam parental involvement berkaitan dengan parenting self efficacy orangtua dalam mengasuh anak. Keterlibatan orang tua merupakan kunci penting untuk mendukung dan memperkuat proses pembelajaran anak di rumah maupun di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara parenting self efficacy dengan parental involvement dalam pendidikan anak usia dini di Tk Al-Baitul Amien Jember. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif dengan bentuk asosiatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wali murid siswa dan siswi TK Al-Baitul Amien Jember kelompok A (1-5) dan B(1-5) dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling yang berjumlah 120 anak, untuk mengukur skala Parental Involvement dan skala parenting self efficacy menggunakan skala Likert. Metode analisa data yang digunakan yaitu uji instrumen, uji asumsi dan uji deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara parenting self efficacy dengan parental involvement dalam pendidikan anak usia dini di Tk Al-Baitul Amien Jember dengan koefisien signifikan 0.197 dengan taraf signifikan (2-tailed) 0,031 >0,05. Hasil uji deskriptif sebanyak 49% (59 orang) dengan orangtua yang memiliki keyakinan dalam mengasuh anak, 61% (51 orang) memiliki tingkat nilai keyakinan yang rendah, namun sebanyak 60%(72 orang) orangtua memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi pada anak dan sebanyak 40%(48 orang) orangtua memiliki keterlibatan yang rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives | |||||||||
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | |||||||||
Department: | S1 Psikologi | |||||||||
Depositing User: | santika desy dwi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | desydwisantika61@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2020 06:05 | |||||||||
Last Modified: | 07 Jul 2020 06:06 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4632 |
Actions (login required)
View Item |