Hubungan Antara Parenting Self Efficacy Dengan Parental Involvement Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di TK AL-Baitul Amien Jember

santika, desy dwi (2020) Hubungan Antara Parenting Self Efficacy Dengan Parental Involvement Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di TK AL-Baitul Amien Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
J. ARTIKEL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Parenttal involvement dalam pendidikan anak adalah bentuk partisipasi orangtua dalam pendidikan anak yang menunjukkan komitmen, dedikasi dan ketertarikan orang tua dalam pendidikan anak melalui kerjasama dengan guru baik di rumah maupun di sekolah, guna memaksimalkan perkembangan dan pendidikan anak di sekolah demi keuntungan mereka, anak dan program sekolah. Keberhasilan atau kegagalan seseorang dalam parental involvement berkaitan dengan parenting self efficacy orangtua dalam mengasuh anak. Keterlibatan orang tua merupakan kunci penting untuk mendukung dan memperkuat proses pembelajaran anak di rumah maupun di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara parenting self efficacy dengan parental involvement dalam pendidikan anak usia dini di Tk Al-Baitul Amien Jember. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif dengan bentuk asosiatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wali murid siswa dan siswi TK Al-Baitul Amien Jember kelompok A (1-5) dan B(1-5) dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling yang berjumlah 120 anak, untuk mengukur skala Parental Involvement dan skala parenting self efficacy menggunakan skala Likert. Metode analisa data yang digunakan yaitu uji instrumen, uji asumsi dan uji deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara parenting self efficacy dengan parental involvement dalam pendidikan anak usia dini di Tk Al-Baitul Amien Jember dengan koefisien signifikan 0.197 dengan taraf signifikan (2-tailed) 0,031 >0,05. Hasil uji deskriptif sebanyak 49% (59 orang) dengan orangtua yang memiliki keyakinan dalam mengasuh anak, 61% (51 orang) memiliki tingkat nilai keyakinan yang rendah, namun sebanyak 60%(72 orang) orangtua memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi pada anak dan sebanyak 40%(48 orang) orangtua memiliki keterlibatan yang rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Department: S1 Psikologi
Depositing User: santika desy dwi
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorErvina, Iinnidn0024107501
Thesis advisorRahmawati, Erna Ipaknidn0007057801
Contact Email Address: desydwisantika61@gmail.com
Date Deposited: 07 Jul 2020 06:05
Last Modified: 07 Jul 2020 06:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4632

Actions (login required)

View Item View Item