penerapan metode muhdatsah dalam meningkatkan keterampilan berbahasa arab di mtsn 02 bondowoso

Hasiseh, Siti (2020) penerapan metode muhdatsah dalam meningkatkan keterampilan berbahasa arab di mtsn 02 bondowoso. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (420kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (322kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text
j. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text
k. ARTIKEL.pdf

Download (535kB)

Abstract

Hasil observasi menunjukkan bahwa pemahaman siswa MTsN 02 Bondowoso pada mata bahasa Arab masih sedikit mengalami kesulitan. Hal ini dikarenakan banyak siswa yang kurang minat akan pembelajaran bahasa Arab. Dengan menggunakan metode muhadatsah akan berdampak pada aspek maharoh istima’, maharoh kalam, maharoh qiro’ah, maharoh kitabah sehingga metode muhadatsah ini tidak hanya memperlancar siswa dalam maharoh kalam saja, akan tetapi berdampak pada aspek-aspek lainnya yaitu maharoh istima’, maharoh kalam, maharoh qiro’ah, maharoh kitabah. Untuk masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode muhadatsah dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab di MTsN 02 Bondowoso? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode muhadatsah dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab MTSN 02 Bondowoso. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif dengan tiga tahapan teknik pengumpulan data, yaitu (1) Observasi, (2) Interview (wawancara), (3) Studi Dokumentasi. Analisis data menggunakan proses pengumpulan data, yaitu (1) Redusi Data, (2) Penyajian Data, dan (3) Verifikasi Data. Hasil penelitian menunjukkan (1). Penerapan pembelajaran muhadatsah di MTsN 02 Bondowoso, khususnya kelas VIII A, sudah cukup membaik. Guru melaksanakan tugas proses pembelajaran dengan penerapan strategi yang cukup variatif. Strategi pembelajarannya adalah mendengarkan teks, audio, membaca teks, menulis teks, dan berbicara atau mempraktikkan menggunkan bahasa Arab (muhadatsah). Kurikulum pembelajaran bahasa Arab yang di gunakan adalah mata pelajaran yang wajib serta untuk meningkatkan dan tumbuh minat belajar siswa. Manajemen pembelajaran meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. (2). Faktor pendukung pembelajaran bahasa Arab yaitu sarana prasarana, guru yang menyenangkan, dan menguasai materi, metode yang digunakan oleh guru, serta motivasi dalam siswa itu sendiri. (3). Kualitas muhadatsah di sekolah tersebut sudah bagus akan tetapi tidak berdampak signifikan karena tidak didukung oleh lingkungan, tidak adanya disiplin, tidak menjadi bahasa wajib, kuantitas waktu yang kurang sehingga kata-kata atau kosa kata yang di sampaikan mudah lupa karena tidak di pakai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hasiseh Siti
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorNursyamsiyah, Sitinidn0706027901
UNSPECIFIEDRhoin, Ainurnidn0703078403
Contact Email Address: 1997121997hasiseh@gmail.com
Date Deposited: 23 Jul 2020 06:25
Last Modified: 23 Jul 2020 06:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4957

Actions (login required)

View Item View Item