Hasiseh, Siti (2020) penerapan metode muhdatsah dalam meningkatkan keterampilan berbahasa arab di mtsn 02 bondowoso. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah jember.
Text
a. PENDAHULUAN.pdf Download (420kB) |
|
Text
b. ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
|
Text
c. BAB I.pdf Download (313kB) |
|
Text
d. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text
e. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text
f. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) | Request a copy |
|
Text
g. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text
h. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) | Request a copy |
|
Text
i. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (115kB) |
|
Text
j. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) | Request a copy |
|
Text
k. ARTIKEL.pdf Download (535kB) |
Abstract
Hasil observasi menunjukkan bahwa pemahaman siswa MTsN 02 Bondowoso pada mata bahasa Arab masih sedikit mengalami kesulitan. Hal ini dikarenakan banyak siswa yang kurang minat akan pembelajaran bahasa Arab. Dengan menggunakan metode muhadatsah akan berdampak pada aspek maharoh istima’, maharoh kalam, maharoh qiro’ah, maharoh kitabah sehingga metode muhadatsah ini tidak hanya memperlancar siswa dalam maharoh kalam saja, akan tetapi berdampak pada aspek-aspek lainnya yaitu maharoh istima’, maharoh kalam, maharoh qiro’ah, maharoh kitabah. Untuk masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode muhadatsah dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab di MTsN 02 Bondowoso? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode muhadatsah dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab MTSN 02 Bondowoso. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif dengan tiga tahapan teknik pengumpulan data, yaitu (1) Observasi, (2) Interview (wawancara), (3) Studi Dokumentasi. Analisis data menggunakan proses pengumpulan data, yaitu (1) Redusi Data, (2) Penyajian Data, dan (3) Verifikasi Data. Hasil penelitian menunjukkan (1). Penerapan pembelajaran muhadatsah di MTsN 02 Bondowoso, khususnya kelas VIII A, sudah cukup membaik. Guru melaksanakan tugas proses pembelajaran dengan penerapan strategi yang cukup variatif. Strategi pembelajarannya adalah mendengarkan teks, audio, membaca teks, menulis teks, dan berbicara atau mempraktikkan menggunkan bahasa Arab (muhadatsah). Kurikulum pembelajaran bahasa Arab yang di gunakan adalah mata pelajaran yang wajib serta untuk meningkatkan dan tumbuh minat belajar siswa. Manajemen pembelajaran meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. (2). Faktor pendukung pembelajaran bahasa Arab yaitu sarana prasarana, guru yang menyenangkan, dan menguasai materi, metode yang digunakan oleh guru, serta motivasi dalam siswa itu sendiri. (3). Kualitas muhadatsah di sekolah tersebut sudah bagus akan tetapi tidak berdampak signifikan karena tidak didukung oleh lingkungan, tidak adanya disiplin, tidak menjadi bahasa wajib, kuantitas waktu yang kurang sehingga kata-kata atau kosa kata yang di sampaikan mudah lupa karena tidak di pakai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Hasiseh Siti | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | 1997121997hasiseh@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2020 06:25 | |||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2020 06:25 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4957 |
Actions (login required)
View Item |