Peran Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 7 Jember

Wulandari, Rahmawati (2020) Peran Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 7 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (873kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
c. BAB 1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (254kB)
[img] Text
j. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
k. ARTIKEL.pdf

Download (439kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajardan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kecerdasan, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Konteks pendidikan tidak lepas dari seorang guru. Guru memegang peran utama dalam membengun pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dengan kaitanya dengan proses belajar mengajar. Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptannya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, guru harus mempunyai kompetensi, salah satunya adalah kompetensi profesional. Kompetensi profesional merupakan salah satu kompetensi profesional merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki setiap guru dalam jenjang pendidikan apapun. Kompetensi profesional merupakan kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing siswa memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan. Permasalahannya adalah bagaimana peran kompetensi profesional guru bahasa Indonesia, bagaimana motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP N 7 Jember. Tujuannya mendeskripsikan peran kompetensi profesional guru bahasa Indonesia, mendeskripsikan motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP N 7 Jember. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah dta-data yang telah ada berupa arsip atau dokumen. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa SMP N 7 Jember yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara kepada guru bahasa Indonesia dan kuesioner online untuk siswa kelas VIII SMPN 7 Jember. Instrumen dalam penelitian adalah peneliti selaku instrumen utama, tes kuesioner dan non tes berupa wawancara. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan metode analisis data dilapangan model Miles dan Huberman meliputi : (1) reduksi data, (2) display/penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini menngunakan ketekunan pengamatan dan tringulasi sumber. Sumber yang berperan dalam penelitian ini adalah guru bahasa bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII SMP N 7 Jember. Hasil analisis data kompetensi guru menunjukkan penguasan materi ajar, kemampuan mengelola kelas,kemampuan mengelola pembelajaran, penerapan metode pembelajaran, kemampuan menngunakan media/ sumber belajar, mengenal fungsi program pelayanan bimbingan dan penyuluhan, sertifiksi guru sebagai syarat profesional guru, motivasi instrinsik dan ekstrinsik siswa. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah peran kompetensi profesional guru meliputi enam aspek dan motivasi belajar bahasa Indonesia siswa meliputi dua aspek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Wulandari Rahmawati
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorMufaridah, Fitrotulnidn0725097602
Thesis advisorCitraningrum, Dinanidn0717088701
Contact Email Address: Rahmawulan62@gmail.com
Date Deposited: 25 Jul 2020 01:49
Last Modified: 25 Jul 2020 01:49
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5060

Actions (login required)

View Item View Item