PEMBELAJARAN STEAM DENGAN METODE ECOBRICK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PJBL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 06 WULUHAN JEMBER

Kusumawardhani, Dwi Retno (2020) PEMBELAJARAN STEAM DENGAN METODE ECOBRICK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PJBL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 06 WULUHAN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (755kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (242kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (459kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (343kB)
[img] Text
j. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
k. ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy

Abstract

Ecobrick merupakan metode penanggulangan sampah, dalam penelitian ini siswa dengan kelompoknya ditugasi mengumpulkan sampah anorganik untuk dikemasdalam botol-botol dan digabungkan sehingga menjadi bentuk tertentu yang bermanfaat. STEAM adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang memberikan siswa kesempatan untuk memperluas pengetahuan dalam sains dan humaniora dan pada saat yang sama mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk berkembang di abad ke-21. Model pembelajaran PJBL adalah model pembelajaran yang berbasis proyek, dimana pada penelitian ini pembelajaran dilaksanakan dengan berbasis lingkungan. project based learning(PjBL)merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa yang didasarkan pada tiga prinsip konstruktivis.Siswa dituntut bekerja secara langsung untuk menghasilkan sebuah proyek. Masalah dalam penelitian ini adalah Pembelajaran STEAM dengan metode Ecobrik melalui model pembelajaran PJBL terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran STEAM dengan metode Ecobrik melalui model pembelajaran PJBL terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan, tanggal 5 sampai 14 maret 2020 dikelas VIIA dan kelas VIIB. Jenis penilitian yang digunakan adalah eksperimen Quasi. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji Mann Withney. Data hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dan kontrol diuji dengan uji Mann Whitney yang telah dilakukan dengan menggunakan SPSS 22.0 diperoleh hasil analisis. Berdasarkan uji Mann Whitney output SPSS, diketahui nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,007 < a = 0.05, maka H0 ditolak. Dengan demikian Ha diterima yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar kognitif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian Pembelajaran STEAM dengan metode Ecobrick melalui model pembelajaran PJBL berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif , afektif dan psikomotoriksiswa di SMP Muhammadiyah 06 Wuluhan Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran STEAM, Metode Ecobrick, Model pembelajaran PjBl, hasil belajar siswa.
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 807 Education and Research of Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: kusumawardhani dwi retno
Date Deposited: 27 Jul 2020 06:40
Last Modified: 27 Jul 2020 06:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5309

Actions (login required)

View Item View Item