Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Psikososial Pada Anak Sekolah Dasar Usia (11-12 Tahun) di SDN Kaliwates 01 Kabupaten Jember

Nanda, Okta Savira Devi (2020) Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Psikososial Pada Anak Sekolah Dasar Usia (11-12 Tahun) di SDN Kaliwates 01 Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. Pendahuluan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
B. Abstrak.pdf

Download (796kB)
[img] Text
C. Bab I.pdf

Download (737kB)
[img] Text
D. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB) | Request a copy
[img] Text
E. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text
F. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text
H. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text
I. Bab VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text
J. Daftar Pustaka.pdf

Download (750kB)
[img] Text
K. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
L. artikel- Jurnal.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN Skripsi, September 2020 Okta Savira Devi Nanda Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Psikososial Pada Anak Sekolah Dasar Usia (11-12 Tahun) di SDN Kaliwates 01 Kabupaten Jember X + 74 Halaman + 8 Tabel + 1 Bagan + 18 Lampiran Abstrak Anak merupakan individu yang mempunyai kebutuhan berbeda dan dimulainya interaksi lingkungan sosial. Gadget merupakan barang canggih berbagai aplikasi. Pengaruh gadget anak menjadi autis dan sibuk sendiri (gangguan psikososial). Perkembangan Psikososial merupakan perubahan stabilitas emosi yang dapat mempengaruhi fungsi kognitif. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan psiksososial pada anak sekolah dasar usia 11-12 tahun di SDN Kaliwates 01 Kabupaten Jember. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan pendekatan cross-sectional, dengan jumlah sampel 32 responden menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (81,2%) menyatakan perkembangan psikososial kategori inferioritas dan (18,8%) menyatakan perkembangan psikososial kompeten. Hasil uji statistik menggunakan Spearmean Rho dengan α=0,05 didapatkan p value=0,025 r=0,395 yang artinya durasi waktu penggunaan gadget memiliki hubungan kategori lemah. α=0,05 didapatkan p value=0,002 r=0,537 yang artinya frekuensi penggunaan gadget memiliki hubungan sedang. α=0,05 didapatkan p value=0,000 r=0,647 yang artinya konten penggunaan gadget memiliki hubungan sedang. Perkembangan psikososial dipengaruhi jika menggunakan gadget secara berlebihan. Oleh karena itu keluarga dan guru sangat penting berperan dalam setiap tahap perkembangan psikososial anak. Kata Kunci: Anak Sekolah, Penggunaan Gadget, Perkembangan Psikososial Daftar Pustaka:14 (2012-2019)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 612 Human Physiology
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Nanda Okta Savira Devi
Date Deposited: 21 Sep 2020 01:03
Last Modified: 21 Sep 2020 01:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5806

Actions (login required)

View Item View Item