Meningkatkan Karakter Siswa Dengan Meneladani Sifat-Sifat Nabi Muhammad Saw Melalui Mata Pelajaran Al-Islam Di Smp Muhammadiyah 01 Jember

Ubaitullah, Ubaitullah (2019) Meningkatkan Karakter Siswa Dengan Meneladani Sifat-Sifat Nabi Muhammad Saw Melalui Mata Pelajaran Al-Islam Di Smp Muhammadiyah 01 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
JURNAL meningkatkan karakter siswa dengan meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad saw melalui mata p.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (549kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (250kB)
[img] Text
1. BAB (I) (pdf.io).pdf

Download (202kB)
[img] Text
2. BAB (II) (pdf.io).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
3. BAB (III) (pdf.io).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
4. BAB (IV) (pdf.io).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
5. BAB (V) (pdf.io).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
6. BAB (VI) (pdf.io).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci:Meningkatkan Karakter Siswa dengan Meneladani Sifat-sifat Nabi Muhammad SAW melalui Mata Pelajaran Al-Islam Pendidikan adalah sebuah proses yang disengaja untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan, meningkatkan, memahamkan, serta membentuk sosok karakter dari seorang pemula hingga menjadi ahlinya. Seperti yang tertulis pada pasal 3 di dalam Undang-Undang SISDIKNAS UU RI No. 20 tahun 2003.Dalam pendidikan agama islam guru dituntut untuk menguasai berbagai macam metode dalam pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kondisi peserta didik. Salah satu metode pembelajaran disekolah untuk menangani dan mengarahkan karakter anak didik yang digunakan disini adalah usaha tenaga pendidik untuk meningkatkan karakter siswa dengan meneladani sifat-sifat yang dari Nabi Muhammad saw melalui mata pelajaran al-islam. Penelitian kualitatif ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 01 Jember. Adapun Prosedur penelitian yang dipakai adalah menggunakan prosedur penelitian dengan kualitatif, kualitatif bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data sedalam-dalamnya. Penelitian kualitatif menekankan pada kedalaman data yang didapatkan oleh peneliti. Dengan menggunakan instrumen Wawancara dan observasi, sehingga menemukan hasil yang lengkap dan akurat. Tujuan penelitian ini akan mengungkapkan sasaran yang ingin dicapai penulis yaitu, untuk mengetahui kesuksesan meningkatan karakter siswa dengan meneladani empat sifat Nabi saw. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didalam meningkatklan karakter sisiwa dengan sekolah yang berlatar belakang keislaman pula bahwa tidak bisa dilepaskan dari ajaran-ajaran islami, seperti halnya dengan meneladani empat sifat Nabi saw, didalam empat sifat tersebut ada beberapa metode yang terkandung dan disusun untuk digunakan meningkatkan karakter siswa yang baik dan islami, sifat shiddiq mempunyai metode didalamnya khitabi dan ta’abbudi percakapan pengabdian, washfi dan qishasi percakapan deskriptif dan berkisah Sifat amanah yaitu targhib dan tarhib ialah membuat takut dan senang. Sifat tabligh yaitu ibrah atau pelajaran. Fathanah yaitu hiwar jadali atau percakapan dialetik.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa meningkatan karakter siswa dengan meneladani empat sifat Nabi saw, merupakan sebuah terobosan baru untuk meningkatkan karakter siswa, sehingga mengantarkan siswa kepada cara belajar yang baik. Maka dari itu disarankan kepada lembaga sekolah, untuk selalu melakuan kreativitas didalam menerapkan sebuah metode pembelajaran, sehingga menghasilkan sesuatu pembelajaran yang aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 05 Oct 2020 02:31
Last Modified: 05 Oct 2020 02:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6128

Actions (login required)

View Item View Item