Susyanto, Atok (2019) Bi’ah Arabiyyah (Studi Kualitatif Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Artikel Pdf.pdf Download (390kB) |
|
Text
Pendahuluan.pdf Download (523kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (239kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (206kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (475kB) |
Abstract
Kata Kunci : Bi’ah Arabiyyah, Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso Pesantren sebagai lembaga pendidikan yang konstruksinya menanamkan nilai-nilai budaya Islam seperti bahasa Arab memiliki kultur yang disebut Bi’ah Arabiyyah, konsentrasi ini sebagai ujung untuk membentuk dan menciptakan model lingkungan belajar bahasa arab dari aspek komunikasi dan interaksi bagi santri. Adapun untuk rumusan masalahnya adalah bagaimana penerapan Bi’ah Arabiyyah di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Bi’ah Arabiyyah di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif yang lokasinya di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso dengan prosedur pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dengan jumlah 10 responden , dan studi dokumnetasi. Adapun teknis analisisnya meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu penerapan Bi’ah Arabiyyah di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso dilakukan dengan dua model lingkungan belajar. Pertama, lingkungan formal yang pembelajarannya dikelas dengan mengedepankan aspek kaidah-kaidah gramatikalnya dan kedua, lingkungan informal yang pembelajarannya di luar kelas yang mana santri berkomunikasi dengan bahasa arab dipadukan dengan peraturan-peraturan dan program kerja yang telah dicanangkan dan pengawasan dari pengurus bahasa untuk mengontrol santri agar terbentuk Bi’ah Arabiyyah serta kegiatan-kegiatan yang menunjang seperti Tazwidul Mufradat, Muhadloroh, Muhawaroh dan Musyahatul Aflam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Bi’ah Arabiyyah di Pondok Pesantren Al-Ishlah dilakukan dengan model lingkungan formal dan informal, adanya peraturan, program kerja dan pengawasan dari pengurus bahasa serta kegiatan-kegiatan yang menunjang seperti Tazwidul Mufradat, Muhadloroh, Muhawaroh dan Musyahatul Aflam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 200 Religious 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 05 Oct 2020 02:44 | |||||||||
Last Modified: | 05 Oct 2020 02:44 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6130 |
Actions (login required)
View Item |