Bi’ah Arabiyyah (Studi Kualitatif Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso)



Susyanto, Atok (2019) Bi’ah Arabiyyah (Studi Kualitatif Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Artikel Pdf.pdf] Text
Artikel Pdf.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of Pendahuluan.pdf] Text
Pendahuluan.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of 1510911013.pdf] Text
1510911013.pdf

Download (328kB)

Abstract

Kata Kunci : Bi’ah Arabiyyah, Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso

Pesantren sebagai lembaga pendidikan yang konstruksinya menanamkan nilai-nilai budaya Islam seperti bahasa Arab memiliki kultur yang disebut Bi’ah Arabiyyah, konsentrasi ini sebagai ujung untuk membentuk dan menciptakan model lingkungan belajar bahasa arab dari aspek komunikasi dan interaksi bagi santri. Adapun untuk rumusan masalahnya adalah bagaimana penerapan Bi’ah Arabiyyah di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Bi’ah Arabiyyah di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif yang lokasinya di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso dengan prosedur pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dengan jumlah 10 responden , dan studi dokumnetasi. Adapun teknis analisisnya meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu penerapan Bi’ah Arabiyyah di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso dilakukan dengan dua model lingkungan belajar. Pertama, lingkungan formal yang pembelajarannya dikelas dengan mengedepankan aspek kaidah-kaidah gramatikalnya dan kedua, lingkungan informal yang pembelajarannya di luar kelas yang mana santri berkomunikasi dengan bahasa arab dipadukan dengan peraturan-peraturan dan program kerja yang telah dicanangkan dan pengawasan dari pengurus bahasa untuk mengontrol santri agar terbentuk Bi’ah Arabiyyah serta kegiatan-kegiatan yang menunjang seperti Tazwidul Mufradat, Muhadloroh, Muhawaroh dan Musyahatul Aflam.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Bi’ah Arabiyyah di Pondok Pesantren Al-Ishlah dilakukan dengan model lingkungan formal dan informal, adanya peraturan, program kerja dan pengawasan dari pengurus bahasa serta kegiatan-kegiatan yang menunjang seperti Tazwidul Mufradat, Muhadloroh, Muhawaroh dan Musyahatul Aflam.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Agus Setiawan, Bahar
nidn0717087802
UNSPECIFIED
Wahana Putra, Dhian
nidn0729108601

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari | dindanovitasari1710@gmail.com
Date Deposited: 05 Oct 2020 02:44
Last Modified: 19 Feb 2025 07:50
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6130

Actions (login required)

View Item View Item