Farida Octavi, Ilmi (2019) Hubungan Kegiatan Keagamaan Dengan Pemahaman Religiusitas Siswa (Studi Kasus Di Smk Muhammadiyah Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
jurnal.docx Download (21kB) |
|
Text
pENDAHULUAN.pdf Download (23kB) |
|
Text
14 ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (560kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (815kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text
0 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Kegiatan Keagamaan, Pemahaman Religiusitas. Kegiatan keagamaan yang dilakukan merupakan bagian dari kurikulum ekstrakurikuler. Diantaranya membaca dan hafalan Al-Qur’an sebelum jam pelajaran dimulai, sholat dhuha berjamaah, kultum, sholat dhuhur, sholat ashar, sholat jum’at berjamaah, kajian rutin bulanan. Pemahaman religiusitas siswa diukur melalui ranah afektif, tidak hanya pada ranah kognitif saja. Karena dengan ranah afektif siswa dapat menerapkan secara langsung melalui praktek. Praktek tersebut dihadirkan dengan adanya kegiatan keagamaan di sekolah yang terprogram dalam kegiatan ekstrakurikuler. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan adalah apakah terdapat hubungan antara kegiatan keagamaan dengan pemahaman religiusitas siswa. Penelitian dilaksanakan di sekolah SMK Muhammadiyah Jember dengan populasi yang diteliti berjumlah 41 dari kelas XI (30 Agustus 2018). Dalam penelitian ini, Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial nonparametik yang pengujiannya berkaitan dengan validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Adapun populasi yang digunakan sebanyak 41 responden dengan margin error 1%. Software yang digunakan untuk mengolah data menggunakan SPSS for windows release 21. Hasil penelitian menunjukkan nilai validitas lebih dari 0,398 dinyatakan valid. Adapun reliabilitas variabel X memiliki nilai alpha sebesar 0,665 (Acceptable) dan nilai alpha variabel Y sebesar 0,877 (Good (Low-Stakes testing)). Nilai probabilitas Sig lebih kecil dari probabilitas 0,01, maka Ho ditolak dan Hα diterima artinya ada hubungan antar variabel yang diteliti. Nilai korelasi yang dihitung sebesar 0,592. Dengan melihat hasil penelitian yang telah dibahas diatas, maka hal ini menunjukkan adanya hubungan yang cukup antara variabel X dan variabel Y, yaitu kegiatan keagamaan memiliki peran positif dalam pemahaman religiusitas siswa, apabila kegiatan keagaman dilakukan continue dan dikemas untuk meningkatkan karakter siswa yang memiliki tingkat religiusitas yang jauh lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 200 Religious 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | ilmimumtazah@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 05 Oct 2020 03:51 | |||||||||
Last Modified: | 05 Oct 2020 03:51 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6138 |
Actions (login required)
View Item |