Penerapan Metode Think Pair Share Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fiqih Kelas Vii Smp Muhammadiyah 1 Jember

Pangesti Utami, Maya (2019) Penerapan Metode Think Pair Share Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fiqih Kelas Vii Smp Muhammadiyah 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (566kB)
[img] Text
10. ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (484kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
18. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Model belajar think pair share dan hasil belajar siswa Hasil observasi dan wawancara, proses pembelajaran yang berlangsung di SMP Muhammadiyah 1 Jember selama ini mengalami beberapa kendala. Guru masih sering menggunakan metode yang monotone yaitu metode ceramah dan tanya jawab. Kemudian siswa hanya dibiarkan duduk sambil mendengarkan penjelasan guru yang hanya menyampaikan melalui lisan saja. Penggunaan metode yang monotone tanpa melibatkan siswa untuk aktif ini menyebabkan siswa merasa bosan. Apa yang disampaikan oleh guru tidak masuk ke otak untuk diproses menjadi pengetahuan. Untuk itu, peneliti menerapkan inovasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran think pair share. Untuk masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan model think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fiqh kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Jember? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model think pair share dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Jember. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 35 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)pengamatan, dan (4) refleksi. Menggunakan teknik dalam pengumpulan data, yaitu evaluasi / test. Hasil penelitian terhadap hasil belajar siswa pada materi fiqih menunjukkan adanya peningkatan prosentase ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II ditunjukkan oleh prosentase hasil evaluasi belajar siswa yang menunjukkan peningkatan, karena sebelum penelitian prosentase ketuntasan klasikal terhadap hasil evaluasi belajar siswa adalah 14,28 % atau 5 siswa menjadi 19 siswa 54,28 %, pada siklus II lebih meningkat menjadi 29 siswa atau 82,85 %. Hal ini menunjukkan bahwa dalam perbaikan model pembelajaran dengan menggunakan think pair share hasil belajar siswa dalam materi fiqih yang disampaikan guru dapat meningkat, sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh guru dan peneliti dapat tercapai. Dan di dalam proses pembelajaran menggunakan model think pair share siswa lebih mudah menemukan dan memahami konsep jika terjadi diskusi antar siswa serta memberikan kesempatan pada siswa untuk berinteraksi dan belajar, sehingga siswa tidak merasa bosan atau malas dan hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fiqih kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Jember. Dan disarankan kepada lembaga dan guru pengajar agar lebih kreatif dan inovatif dalam memilih strategi dan model pembelajaran untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 05 Oct 2020 05:17
Last Modified: 05 Oct 2020 05:17
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6144

Actions (login required)

View Item View Item