Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas Viii A Melalui Metode Examples Non Examples Di Smpt Madinatul Ulum Jenggawah

Rodiah, Siti (2019) Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas Viii A Melalui Metode Examples Non Examples Di Smpt Madinatul Ulum Jenggawah. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1. ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (965kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (548kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode belajar, Examples Non Examples, pemahaman siswa, fiqih. Hasil observasi menunjukkan bahwa pemahaman siswa kelas VIII A SMPT Madinatul Ulum Jenggawah pada mata pelajaran fiqih rendah. Hal ini dikarenakan dalam penyajian materi guru terlalu monoton, sehingga peserta didik ada yang tidak memperhatikan penjelasan dari guru, menjahili teman sebangkunya, bahkan ada peserta didik yang tampak tertidur karena mengantuk dan hasil evaluasi belajar siswa menjadi rendah. Untuk itu, peneliti menerapkan inovasi pembelajaran baru untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Examples Non Examples. Untuk rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII A di SMPT Madinatul Ulum Jenggawah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Examples Non Examples dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII di SMPT Madinatul Ulum Jenggawah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Menggunakan teknik dalam pengumpulan data, yaitu evaluasi / tes. Hasil penelitian terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih menunjukkan adanya peningkatan prosentase ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II ditunjukkan oleh prosentase hasil evaluasi belajar siswa yang menunjukkan peningkatan, karena sebelum penelitian prosentase ketuntasan klasikal terhadap hasil evaluasi belajar siswa adalah 21,87 % atau 7 siswa menjadi 15 siswa 46,87 %, pada siklus II lebih meningkat menjadi 26 siswa atau 81,24 %. Hal ini menunjukkan bahwa dalam perbaikan metode dengan menggunakan Examples Non Examples pemahaman siswa dalam mata pelajaran fiqih yang disampaikan guru dapat meningkat, sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh guru dan peneliti dapat tercapai. Dan di dalam proses pembelajaran menggunakan metode Examples Non Examples siswa juga terlihat aktif dan bersemangat karena guru berusaha menarik perhatian siswa dengan pemberian motivasi, seingga siswa tidak merasa bosan atau malas dan pemahaman siswa meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Examples Non Examples dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII A SMPT Madinatul Ulum Jenggawah. Dan disarankan kepada lembaga dan guru pengajar agar lebih kreatif dan inovatif dalam memilih strategi dan metode pembelajaran untuk lebih meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDRofi, Sofyannidn0705078402
UNSPECIFIEDHamid Bakir, Abdulnidn0713038002
Date Deposited: 05 Oct 2020 05:56
Last Modified: 05 Oct 2020 05:56
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6150

Actions (login required)

View Item View Item