STRATEGI PEMBELAJARAN GURU BAHASA INDONESIA PADA SISWA TUNARUNGU KELAS X SMALB YPAC JEMBER



Aprilia Widiyanto, Putri (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU BAHASA INDONESIA PADA SISWA TUNARUNGU KELAS X SMALB YPAC JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[thumbnail of BAB III ..pdf] Text
BAB III ..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (446kB)

Abstract

Widiyanto, Putri Aprilia. 2019. Strategi Pembelajaran Guru Bahasa Indonesia Pada
Siswa Tunarungu Kelas X SMALB YPAC Jember. Skripsi, Program Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Yerry Mijianti, M.Pd. (2)
Dina Merdeka Citraningrum, M.Pd.

Kata kunci : strategi pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran, peserta didik
berkebutuhan khusus.

Strategi pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh
pengajar dalam menggunakan metode dan pemanfaatan sumber daya dari mulai
perencanaan, pelaksanaan kegiatan hingga pada tahap evaluasi yang merupakan tujuan
dalam suatu pembelajaran. Strategi mengajar guru yang dipilih hendaknya dapat
mendorong peserta didik untuk belajar dengan menggunakan potensi yang dimiliki secara
optimal. Strategi pembelajaran beranjak dari adanya perbedaan karaketristik peserta
didik. Peserta didik memiliki berbagai karakteristik, seperti kepribadian, kebiasaankebiasaan,
cara
belajar
yang
bervariasi
antara
individu
satu
dengan
individu
lainya,
maka

strategi
pembelajaran
guru
juga
harus
selayaknya

tidak
terpaku
pada
strategi
tertentu.

Dengan
adanya
startegi
pembelajaran
diharapkan
dapat
menumbuhkan
dan
meningkatkan

motivasi
belajar
peserta
didik
khususnya
pada
peserta
didik
berkebutuhan
khusus,
agar

tidak
merasa
jenuh
dengan
proses
belajar
yang
sedang
berlangsung.

Permasalahan
yang
muncul
dari
latar
belakang
adalah
bagaimana
strategi

pembelajaran
dalam
Rencana
Pelaksanaan
Pembelajaran
guru
Bahasa
Indonesia
pada

siswa
Tunarungu
kelas
X

SMALB
YPAC
Jember.
Tujuan
penelitian
ini
adalah
untuk

mendeskripsikan
strategi
pembelajaran

guru
khususnya
pada
rencana
pelaksanaan

pembelajaran
Bahasa
Indonesia
di
sekolah
SMALB
YPAC
Jember.

Jenis
penelitian
ini
adalah
kualitatif.
Sasaran
pada
penelitian
ini
adalah
berupa

dokumen
berupa
Rencana
Pelaksanaan
Pembelajaran.
Tempat
dan
waktu
penelitian
di

kelas
X
pada
peserta
didik
Tunarungu
di
sekolah
SMALB
YPAC
Jember
dan
waktu

penelitian
dimulai
tanggal
15
April
hingga
20
Juni
2019.
Teknik
pengumpulan
data

adalah
teknik
wawancara
dan
teknik
dokumentasi.
Instrumen
dalam
penelitian
ini
adalah

peneliti
selaku
instrumen
utama,
dan
instrumen
bantu
berupa
dokumen
Rencana

Pelaksanaan
Pembelajaran.
Data
dalam
penelitian
dianalisis
dengan
metode
analisis

deskriptif
kualitatif
yaitu
data
yang
diperoleh
diinterpretasikan
dengan
membaca
data,

menemukan
data,
mengidentifikasi
data,
mengklasifikasi
data,
menganalisis
data,
dan
menyimpulkan data.
Hasil analisis data menunjukan bahwa guru sering menggunakan 3 jenis strategi
pembelajaran. Ketiga jenis strategi pembelajaran tersebut adalah strategi pembelajaran
Ekspositori, startegi pembelajaran Deduktif, dan strategi pembelajaran Active Learning.
Ketiga strategi pembelajaran tersebut dilihat pada enam Kompetensi Dasar yang dibuat
oleh guru dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah guru dalam mengajar
peserta didik berkebutuhan khusus sering menggunakan ketiga jenis strategi pembelajaran
dalam kegiatan pembelajaran.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
MIJIANTI, YERRY
nidn0709108101
UNSPECIFIED
MERDEKA CITRANINGRUM, DINA
nidn0717088701

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:06
Last Modified: 27 Oct 2020 02:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6806

Actions (login required)

View Item View Item