STRATEGI PEMBELAJARAN GURU BAHASA INDONESIA PADA SISWA TUNARUNGU KELAS X SMALB YPAC JEMBER

Aprilia Widiyanto, Putri (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU BAHASA INDONESIA PADA SISWA TUNARUNGU KELAS X SMALB YPAC JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (199kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB III ..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (446kB)

Abstract

Widiyanto, Putri Aprilia. 2019. Strategi Pembelajaran Guru Bahasa Indonesia Pada Siswa Tunarungu Kelas X SMALB YPAC Jember. Skripsi, Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Yerry Mijianti, M.Pd. (2) Dina Merdeka Citraningrum, M.Pd. Kata kunci : strategi pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran, peserta didik berkebutuhan khusus. Strategi pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh pengajar dalam menggunakan metode dan pemanfaatan sumber daya dari mulai perencanaan, pelaksanaan kegiatan hingga pada tahap evaluasi yang merupakan tujuan dalam suatu pembelajaran. Strategi mengajar guru yang dipilih hendaknya dapat mendorong peserta didik untuk belajar dengan menggunakan potensi yang dimiliki secara optimal. Strategi pembelajaran beranjak dari adanya perbedaan karaketristik peserta didik. Peserta didik memiliki berbagai karakteristik, seperti kepribadian, kebiasaankebiasaan, cara belajar yang bervariasi antara individu satu dengan individu lainya, maka strategi pembelajaran guru juga harus selayaknya tidak terpaku pada strategi tertentu. Dengan adanya startegi pembelajaran diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik khususnya pada peserta didik berkebutuhan khusus, agar tidak merasa jenuh dengan proses belajar yang sedang berlangsung. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana strategi pembelajaran dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran guru Bahasa Indonesia pada siswa Tunarungu kelas X SMALB YPAC Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran guru khususnya pada rencana pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah SMALB YPAC Jember. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah berupa dokumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Tempat dan waktu penelitian di kelas X pada peserta didik Tunarungu di sekolah SMALB YPAC Jember dan waktu penelitian dimulai tanggal 15 April hingga 20 Juni 2019. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti selaku instrumen utama, dan instrumen bantu berupa dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu data yang diperoleh diinterpretasikan dengan membaca data, menemukan data, mengidentifikasi data, mengklasifikasi data, menganalisis data, dan menyimpulkan data. Hasil analisis data menunjukan bahwa guru sering menggunakan 3 jenis strategi pembelajaran. Ketiga jenis strategi pembelajaran tersebut adalah strategi pembelajaran Ekspositori, startegi pembelajaran Deduktif, dan strategi pembelajaran Active Learning. Ketiga strategi pembelajaran tersebut dilihat pada enam Kompetensi Dasar yang dibuat oleh guru dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah guru dalam mengajar peserta didik berkebutuhan khusus sering menggunakan ketiga jenis strategi pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMIJIANTI, YERRYnidn0709108101
UNSPECIFIEDMERDEKA CITRANINGRUM, DINAnidn0717088701
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:06
Last Modified: 27 Oct 2020 02:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6806

Actions (login required)

View Item View Item