Maesyaroh, Arum (2019) Analisis Berfikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (283kB) |
|
Text
pendahuluan.pdf Download (801kB) |
|
Text
1. ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (250kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
Text
Tabel Indikator BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (623kB) |
Abstract
Kata kunci: Berfikir Kritis, Gaya Kognitif, Gaya Kognitif Field Independent, Gaya Kognitif Field Dependent. Berpikir Kritis adalah kemampuan menganalisis informasi, ide atau gagasan kearah yang lebih spesifik, mampu membedakan, memilih, mengidentifikasi, mengkaji, dan mengembangkannya kearah yang lebih tepat. Setiap siswa memiliki cara yang berbeda dalam proses berfikir kritis, dan menyelesaikan masalah matematika, perbedaan tersebut dapat dipengaruhi oleh gaya kognitif. Agar proses berfikir kritis menyelesaikan masalah matematika siswa yang dipengaruhi oleh gaya kognitif dapat diketahui, maka peneliti bermaksud melakukan penelitian dengan judul “Analisis Berfikir Kritis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent Siswa”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa MTs Al Badri Kalisat Jember pada kelas VIII B tahun ajaran 2017/2018. Jumlah subjek penelitian ini menggunakan 2 orang siswa yang bergaya kognitif field independent dan field dependent. Selanjutnya dilaksanakan tes proses berfikir kritis pada tanggal 18 Desember 2018. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu: teknik tes dan wawancara. Instrumen pada penelitian ini yaitu: peneliti, lembar validasi, instrumen penentuan gaya kognitif Group Embedded Figure Test (GEFT), instrumen tes kemampuan berfikir kritis, dan instrumen pedoman wawancara. Teknik pengecekan keabsahan data pada Triangulasi dalam penelitian ini adalah triangulasi waktu untuk melihat serta memeriksa data wawancara dari subjek yang berbeda dalam berbeda jenis gaya kognitif dan penelitian ini juga menggunakan triangulasi waktu untuk melihat proses berfikir kritis antara hasil tes dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses berfikir kritis siswa dalam menyelesaikan tes berpikir kitis pada siswa field independent memenuhi 11 dari 12 indikator berpikir kritis. (2) Proses berfikir kritis siswa dalam menyelesaikan tes berpikir kitis pada siswa field dependent memenuhi 10 dari 12 indikator berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2020 03:05 | |||||||||
Last Modified: | 02 Nov 2020 03:05 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6854 |
Actions (login required)
View Item |