PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN 2 JEMBER

Fitria Dewi, Alfina (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN 2 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf

Download (636kB)
[img] Text
13 abstrak.pdf

Download (348kB)
[img] Text
awalan.pdf

Download (288kB)
[img] Text
cover depan.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Lampiran 1. matrik.pdf

Download (260kB)

Abstract

Dewi, Alfina Fitria. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Berfikir Kritis Siswa Kelas X MAN 2 Jember. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Dr. Kukuh Munandar, M.Kes. Kata Kunci: Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain), Hasil Belajar Siswa, Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Kurikulum 2013 terdapat beberapa penyempurnaan dari KTSP yaitu penyempurnaan pola pikir. Salah satu penyempurnaan pola pikir adalah pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif-mencari serta menjadi pembelajaran berfikir kritis. Siswa SMA dalam pembelajaran biologi harus dapat mengajukan sebuah hipotesis, mengamati, mengumpulkan, mengolah, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Proses belajar yang baik apabila guru dapat menerapkan kegiatan belajar yang dapat mengembangkan keterampilan berfikir kritis dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasil belajar kognitif dan berfikir kritis siswa di MAN 2 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasil belajar kognitif dan berfikir kritis siswa di MAN 2 Jember. Penelitian dilaksanakan di MAN 2 Jember pada tanggal 18 April 2019, penelitian dilakukan di kelas X IPA I dan IPA II. Jenis penelitian merupakan eksperimen kuasi, dengan teknik pengumpulan data meliputi: wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Analisis data penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Kruskal Wallis Test untuk pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil uji Kruskal Wallis menunjukkan bahwa probilitas adalah 0,00 < α = 0,05, artinya ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran POE terhadap hasil belajar kognitif dan berfikir kritis siswa di kelas X IPA II MAN 2 Jember. Hasil data ini dilihat dari perbedaan nilai ratarata soal posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, yaitu pada kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 77,47 dan kelas eksperimen sebesar 82 untuk hasil belajar kognitif siswa. Sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kemampuan berfikir kritis siswa kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 71,23 dan kelas eksperimen sebesar 79,3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:41
Last Modified: 23 Nov 2020 02:45
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7000

Actions (login required)

View Item View Item