Perbedaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Melalui Pendekatan Scientific Dengan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Desiana Dilasari, Wulan (2019) Perbedaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Melalui Pendekatan Scientific Dengan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (583kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (893kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada wawancara dari guru mata pelajaran Matematika SMP Negeri 8 Jember yang menyatakan bahwa sebagian siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif yang rendah. Penyebabnya ialah siswa kurag tertarik terhadap mata pelajaran Matematika dan penyampaian materi tersebut monoton dan kurang mearik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching melalui pendekatan scientific dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir kraetif siswa pada materi peluang, dan untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara siswa yang diajar menggunkan model pembelajaran reciprocal teaching melalui pendekatan scientific dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir kraetif siswa pada materi peluang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII F dengan jumlah siswa 30 orang dikenakan model pembelajaran reciprocal teaching melalui pendekatan scientific dan VIII G dengan jumlah siswa 30 orang dikenakan model pembeajaran langsung. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen tes kemampuan berpikir kreatif dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui tabel frekuensi dengan mempresentasikan rata-rata dan analisis inferensial dilakukan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis. Hasil analisis menunjukan bahwa hasil t_hitung sebesar 5,241 > t_tabel sebesar 2,00174 dengan ∝=0,05 yang artinya H0, maka Ha diterima yaitu -t_tabel=-2,00174<t_hitung=5,241>t_tabel=2,0174, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa antara kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching melalui pendekatan scientific dengan kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung dan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching melalui pendekatan scientific memiliki nilai rata-rata tinggi yaitu 87,60 daripada model pembelajaran langsung yaitu 80,27. Kata Kunci: Berpikir kreatif siswa, Reciprocal Teaching melalui pendekatan scientific, pembelajaran langsung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 23 Nov 2020 05:31
Last Modified: 23 Nov 2020 05:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7016

Actions (login required)

View Item View Item