PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI MELALUI BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN ENSIKLOPEDIA DIGITAL (Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati Kelas X IPA 04 MAN 02 Jember )



Amin Shiddiq, Muhammad (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI MELALUI BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN ENSIKLOPEDIA DIGITAL (Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati Kelas X IPA 04 MAN 02 Jember ). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Artikel.pdf] Text
Artikel.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of Cover - Daftar Lampiran.pdf] Text
Cover - Daftar Lampiran.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[thumbnail of 1 Matriks Penelitian (Blended Learning).pdf] Text
1 Matriks Penelitian (Blended Learning).pdf

Download (18kB)

Abstract

Shiddiq, Muhammad Amin. (2019
). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan
Hasil Belajar Siswa Melalui Blended Learning Menggunakan
Ensiklopedia Digital
(Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati Kelas X
IPA 04 MAN 02 Jember
). Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah
Jember.
Pembimbing: (1)Dra. Sawitri Komarayanti, M.S.
(2) Dr. Agus Prasetyo
Utomo, S.Si. M.Pd.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Blended
Learning, Ensiklopedia Digital.
Memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik dan terampil dalam
menggunakan TIK merupakan modal dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik
untuk menghadapi persaingan di era globalisasi sesuai dengan paradigma tujuan
pendidikan nasional abad 21. Namun pada kenyataannya, kemampuan siswa
Indonesia masih berada pada level kognitif yang rendah dilihat dari hasil
keikutsertaannya pada PISA 2015 dengan skor 30% pada Level 2 kategori
Students’ Proficiency in Science. Hal tersebut juga terindikasi pada pembelajaran
Biologi yang dilakukan di MAN 02 Jember. Hasil penelusuran melalui
wawancara dengan guru kelas, wali kelas dan juga waka kurikulum didapatkan
bahwa penggunaan media belajar berbasis digital dan referensi sumber belajar
yang masih minim turut mempengaruhi tingkat kemampuan berpikir kritis, hasil
belajar serta keterampilan dalam hal ICT yang masih rendah pada siswa kelas X
IPA 04 selama proses pembelajaran.
Adanya permasalahan tersebut mendorong peneliti untuk memberikan
solusi alternatif yang dirasa efektif yaitu dengan menerapkan pembelajaran
biologi berbasis Blended Learning menggunakan Ensiklopedia Digital Buah dan
Sayur Lokal. Tujuannya agar siswa kelas X IPA 04 tersebut dapat meningkat
dalam hal kemampuan berpikir kritis dan hasil belajanya baik pada ranah kognitif
maupun psikomotoriknya pada pokok bahasan Keanekaragaman Hayati.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK
),
dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan
di kelas X IPA 04 MAN 02 Jember, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember.
Penelitian ini berlangsung dari bulan April-Mei tahun 2019. Teknik pengumpulan
datanya melalui observasi, dokumentasi, wawancara, pemberian post-test, dan
angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu triangulasi data. Data tersebut
dianalisis secara persentase kuantitatif, lalu dibahas secara deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi
Model Pembelajaran Blended Learning menggunakan Ensiklopedia Digital dapat
meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan hasil belajar Siswa Kelas X IPA
04. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan berpikir kritis siswa dari
36,11% pada prasiklus menjadi 55,83% pada siklus I dan pada siklus II mencapai
72,04%. Begitu juga pada hasil belajar kognitif yang awalnya di siklus I hanya
memperoleh persentase sebesar 42% kemudian pada siklus II menjadi sebesar
72%. Dan yang terakhir pada hasil belajar psikomotorik yang memperoleh
persentase sebesar 57,92% pada siklus I lalu meningkat menjadi 72,22% pada siklus II.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Komarayanti, Sawitri
nidn0719056302
UNSPECIFIED
Prasetyo Utomo, Agus
nidn0714087901

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 24 Nov 2020 02:22
Last Modified: 24 Nov 2020 02:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7033

Actions (login required)

View Item View Item