PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI MELALUI BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN ENSIKLOPEDIA DIGITAL (Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati Kelas X IPA 04 MAN 02 Jember )

Amin Shiddiq, Muhammad (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI MELALUI BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN ENSIKLOPEDIA DIGITAL (Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati Kelas X IPA 04 MAN 02 Jember ). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Artikel.pdf

Download (211kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Cover - Daftar Lampiran.pdf

Download (267kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
1 Matriks Penelitian (Blended Learning).pdf

Download (18kB)

Abstract

Shiddiq, Muhammad Amin. (2019 ). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Melalui Blended Learning Menggunakan Ensiklopedia Digital (Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati Kelas X IPA 04 MAN 02 Jember ). Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1)Dra. Sawitri Komarayanti, M.S. (2) Dr. Agus Prasetyo Utomo, S.Si. M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Blended Learning, Ensiklopedia Digital. Memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik dan terampil dalam menggunakan TIK merupakan modal dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk menghadapi persaingan di era globalisasi sesuai dengan paradigma tujuan pendidikan nasional abad 21. Namun pada kenyataannya, kemampuan siswa Indonesia masih berada pada level kognitif yang rendah dilihat dari hasil keikutsertaannya pada PISA 2015 dengan skor 30% pada Level 2 kategori Students’ Proficiency in Science. Hal tersebut juga terindikasi pada pembelajaran Biologi yang dilakukan di MAN 02 Jember. Hasil penelusuran melalui wawancara dengan guru kelas, wali kelas dan juga waka kurikulum didapatkan bahwa penggunaan media belajar berbasis digital dan referensi sumber belajar yang masih minim turut mempengaruhi tingkat kemampuan berpikir kritis, hasil belajar serta keterampilan dalam hal ICT yang masih rendah pada siswa kelas X IPA 04 selama proses pembelajaran. Adanya permasalahan tersebut mendorong peneliti untuk memberikan solusi alternatif yang dirasa efektif yaitu dengan menerapkan pembelajaran biologi berbasis Blended Learning menggunakan Ensiklopedia Digital Buah dan Sayur Lokal. Tujuannya agar siswa kelas X IPA 04 tersebut dapat meningkat dalam hal kemampuan berpikir kritis dan hasil belajanya baik pada ranah kognitif maupun psikomotoriknya pada pokok bahasan Keanekaragaman Hayati. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK ), dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPA 04 MAN 02 Jember, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Penelitian ini berlangsung dari bulan April-Mei tahun 2019. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, dokumentasi, wawancara, pemberian post-test, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu triangulasi data. Data tersebut dianalisis secara persentase kuantitatif, lalu dibahas secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning menggunakan Ensiklopedia Digital dapat meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan hasil belajar Siswa Kelas X IPA 04. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan berpikir kritis siswa dari 36,11% pada prasiklus menjadi 55,83% pada siklus I dan pada siklus II mencapai 72,04%. Begitu juga pada hasil belajar kognitif yang awalnya di siklus I hanya memperoleh persentase sebesar 42% kemudian pada siklus II menjadi sebesar 72%. Dan yang terakhir pada hasil belajar psikomotorik yang memperoleh persentase sebesar 57,92% pada siklus I lalu meningkat menjadi 72,22% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 24 Nov 2020 02:22
Last Modified: 24 Nov 2020 02:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7033

Actions (login required)

View Item View Item