Bermain Pasir Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok A Di Tk Aba I Rambipuji Tahun Pelajaran 2018-2019

Ihsana, Maulida (2019) Bermain Pasir Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok A Di Tk Aba I Rambipuji Tahun Pelajaran 2018-2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (416kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (620kB)

Abstract

Kreativitas adalah kemampuan seseorang dalam menuangkan ide atau gagasannya yang dituangkan dalam bentuk karya. Kreativitas yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu membentuk berdasarkan objek yang dilihat dengan menggunakan pasir. Bermain pasir adalah kegiatan bermain yang menggunakan pasir pantai yang dapat dimainkan dalam kelompok dengan perlengkapan pasir dan cetakan. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan adalah bagaimana kegiatan bermain pasir dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok A di TK ABA I Rambipuji-Jember tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bermain pasir dapat meningkatkan kreativitas pada anak kelompok A di TK ABA I Rambipuji. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, pada anak kelompok A yang berjumlah 20 anak di TK ABA I Rambipuji, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa hasil dari lembar observasi dan hasil dokumentasi aktivitas anak selama bermain pasir. Berdasarkan hasil observasi dapat diketahui bahwa bermain pasir dapat meningkatkan kreativitas anak secara klasikal dari 20 anak terdapat 15 anak yang meningkat kreativitasnya, dari perhitungan tersebut dapat diketahui peningkatan secara klasikal mencapai 75% yang berarti kreativitas anak telah mencapai kriteria kesuksesan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bermain pasir dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok A di TK ABA I Rambipuji tahun ajaran 2018-2019. Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan, maka saran yang diberikan oleh peneliti adalah: 1) Guru senantiasa memberi motivasi dan pujian kepada anak, 2) Hendaknya guru menyediakan media yang dapat meningkatkan kreativitas anak. Kata kunci : Kreativitas. Bermain Pasir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:00
Last Modified: 24 Nov 2020 04:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7037

Actions (login required)

View Item View Item