Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Balok Pada Kelompok A Di Ra Al-Ghazali Pakem Bondowoso Tahun Pembelajaran 2018-2019

Hasanah, Muvlihatul (2019) Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Balok Pada Kelompok A Di Ra Al-Ghazali Pakem Bondowoso Tahun Pembelajaran 2018-2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (598kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (705kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan kognitif kemampuan anak dalam membilang banyak balok 1-10, mengklasifikasikan benda berdasarkan kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi dan mengurutkan benda berdasarkan lima seriasi ukuran atau warna. Bermain Balok adalah jenis permainan yang terbuat dari potongan kayu yang memiliki berbagai bentuk, dan beraneka warna. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan melalui kegiatan adalah “Bagaimana meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui bermain balok pada kelompok A di RA –ALGHAZALI Pakem Bondowoso Tahun Pelajaran 2018 – 2019. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bahwa dengan bermain balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 03 April 2019 dan dilanjutkan pada tanggal 18-27 April 2019 pada anak usia 4-5 tahun semester II di RA –ALGHAZALI Pakem Bondowoso Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas .Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian metode observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas selama kegiatan bermain balok dan hasil observasi anak. Hasil observasi anak yang didapat pada siklus I yaitu 53,3% dan pada siklus II 86,6% . Peningkatan hasil observasi siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan criteria kesuksesan yang telah ditetapkan yaitu 80%. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa dengan bermain balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak pada usia 4-5 tahun di kelompok A Paud Tunas Belia Bondowoso , dengan ketuntasan belajar sampai siklus II menggunakan media balok yang lebih menarik dan tidak membingungkan anak serta penyampaian pembelajaran yang dilakukan mudah dipahami anak. Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Bermain Balok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:13
Last Modified: 24 Nov 2020 04:13
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7038

Actions (login required)

View Item View Item