Margawati, Eva (2018) Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Muhammadiyah 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL PDF.pdf Download (349kB) |
|
Text
pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
1. ABSTRAKSI.pdf Download (880kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (441kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
Text
0. Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Terdapat beberapa faktor kegagalan belajar siswa, salah satunya masalah pada motivasi belajar. Karena siswa yang belajar memerlukan motivasi dari dalam dirinya sendiri (faktor intern) dan lingkungan (faktor ekstern). Siswa lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, maka dari itu lingkungan keluarga berpengaruh terhadap pemberian motivasi. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah lingkungan keluarga berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Jember. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif nonparametik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Jember pada kelas VIIIA dan VIIID dengan jumlah total sebanyak 42 siswa. Pada penelitian ini, untuk menguji hipotesis hubungan antar dua variabel dengan data yang ada adalah data ordinal maka statistik yang digunakan adalah Korelasi Spearman Rank. Penelitian ini juga hanya melibatkan satu variabel independen (bebas) yaitu lingkungan keluarga dan satu variabel dependen (terikat) yaitu motivasi belajar, maka analisisnya menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian pada uji validitas sekitar 17 item soal valid untuk variabel X dan 15 item soal valid untuk variabel Y. Pada uji reliabilitas instrumen variabel X dan variabel Y mempunyai nilai yang sangat reliabel karena berada pada koefisien reliabilitas 0.80 – 0.999 pada interval koefisien. Untuk data pada pengujian hipotesis didapatkan nilai rhitung = 0.455 (menggunakan rumus dari Spearman’s Rho), hal tersebut berarti pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa sebesar 45,5%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa dengan tingkat pengaruh yang cukup. Karena motivasi belajar memiliki banyak faktor seperti motivasi dalam diri siswa itu sendiri, lingkungan sekolah dan masyarakat, tidak hanya dari lingkungan keluarga saja. Kata Kunci : lingkungan Keluarga, motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 200 Religious 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 16 Dec 2020 03:39 | |||||||||
Last Modified: | 16 Dec 2020 03:39 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7410 |
Actions (login required)
View Item |