Kholifah, Arifatul (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS VIIIA SMP MUHAMMADIYAH 09 WATUKEBO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ABSTRAK.pdf Download (238kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (466kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (365kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
Text
artikel.pdf Download (418kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
Text
1. LAMPIRAN.pdf Download (79kB) |
Abstract
Kata Kunci: kemampuan menulis puisi, media audiovisual Pembelajaran menulis puisi merupakan kegiatan belajar yang bersifatproduktif. Pembelajaran menulis puisi yang dilaksanakan selama ini masih bersifat teori.Proses belajar yang demikian kurang mendapatkan hasilmaksimal, tidak memberikan bimbingan menulis puisi dengan caramenunjukkan proses pembuatan puisi kepada peserta didik,sehingga ketika diberitugas menulis puisi mereka mengalami kesulitan.Dari kegiatan mendengarkan lagu siswa akan mengetahui tema, amanat, majas, disksi, rima dari lagu tesebut. Sehingga siswa akan lebih mudah memahami unsur-unsur pembentukan puisi. Permasalahan yang muncul adalah Bagaimanakahmeningkatkan menulis puisi dengan menggunakan media audiovisual siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 09 Watukebo. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Sasaran pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 09 Watukebo semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 33 siswa. Prosedur penelitian terdiri dari (a)perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi atau pengamatan, dan (d) refleksi. Taraf keberhasilan pembelajaran menulis puisi melalui media audiovisual yakni mendengarkan lagu ini dapat dicapai apabila ketuntasan hasil belajar telah memenuhi kriteria dari ketuntasan hasil belajar adalah daya serap perorangan yaitu seorang siswa dikatakan tuntas belajar apabila telah mencapai skor ≥ 70 dari skor maksimal 90 dan daya serap klasikal yaitu suatu kelas dikatakan tuntas belajar apabila terdapat minimal 85% yang telah mencapai ≥ 70 dari skor maksimal 90.Instrumen penelitian adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah terjadi proses peningkatan hasil belajar siswa dalam kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media audiovisual. Berdasarkan kegiatan hasil belajar prasiklus, siklus I, siklus II diketahui hasil pembelajaran menulis puisi siswa meningkat. Pada kegiatan praksiklus hasil belajar siswa hanya 9,10%, kemudian pada siklus I hasil belajar meningkat 3,03% menjadi 12,13%. Dan dilanjut pada siklus ke II hasil belajar siswa meningkat 75,75% menjadi 87,88% atau dapat dikatakan tuntas karena melebihi dari standar ketuntasan klasikal yang ditentukan. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan media audiovisual dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil pembelajaran menulis puisi pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 04 Jan 2021 06:15 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jan 2021 06:15 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7611 |
Actions (login required)
View Item |