PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS VIIIA SMP MUHAMMADIYAH 09 WATUKEBO



Kholifah, Arifatul (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS VIIIA SMP MUHAMMADIYAH 09 WATUKEBO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[thumbnail of artikel.pdf] Text
artikel.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[thumbnail of 1. LAMPIRAN.pdf] Text
1. LAMPIRAN.pdf

Download (79kB)

Abstract

Kata Kunci: kemampuan menulis puisi, media audiovisual
Pembelajaran menulis puisi merupakan kegiatan belajar yang
bersifatproduktif. Pembelajaran menulis puisi yang dilaksanakan selama ini masih
bersifat teori.Proses belajar yang demikian kurang mendapatkan hasilmaksimal,
tidak memberikan bimbingan menulis puisi dengan caramenunjukkan proses
pembuatan puisi kepada peserta didik,sehingga ketika diberitugas menulis puisi
mereka mengalami kesulitan.Dari kegiatan mendengarkan lagu siswa akan
mengetahui tema, amanat, majas, disksi, rima dari lagu tesebut. Sehingga siswa
akan lebih mudah memahami unsur-unsur pembentukan puisi. Permasalahan yang
muncul adalah Bagaimanakahmeningkatkan menulis puisi dengan menggunakan
media audiovisual siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 09 Watukebo.
Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Sasaran pada
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 09 Watukebo
semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 33 siswa. Prosedur
penelitian terdiri dari (a)perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c)
observasi atau pengamatan, dan (d) refleksi. Taraf keberhasilan pembelajaran
menulis puisi melalui media audiovisual yakni mendengarkan lagu ini dapat
dicapai apabila ketuntasan hasil belajar telah memenuhi kriteria dari ketuntasan
hasil belajar adalah daya serap perorangan yaitu seorang siswa dikatakan tuntas
belajar apabila telah mencapai skor ≥ 70 dari skor maksimal 90 dan daya serap
klasikal yaitu suatu kelas dikatakan tuntas belajar apabila terdapat minimal 85%
yang telah mencapai ≥ 70 dari skor maksimal 90.Instrumen penelitian adalah
wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah terjadi proses peningkatan hasil belajar siswa
dalam kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media audiovisual.
Berdasarkan kegiatan hasil belajar prasiklus, siklus I, siklus II diketahui hasil
pembelajaran menulis puisi siswa meningkat. Pada kegiatan praksiklus hasil
belajar siswa hanya 9,10%, kemudian pada siklus I hasil belajar meningkat 3,03%
menjadi 12,13%. Dan dilanjut pada siklus ke II hasil belajar siswa meningkat
75,75% menjadi 87,88% atau dapat dikatakan tuntas karena melebihi dari standar
ketuntasan klasikal yang ditentukan.
Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah bahwa
penerapan media audiovisual dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil
pembelajaran menulis puisi pada siswa.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Fatkurochman, Henry
nidn#
UNSPECIFIED
Dzarna, Dzarna
nidn0701028802

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 04 Jan 2021 06:15
Last Modified: 04 Jan 2021 06:15
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7611

Actions (login required)

View Item View Item