PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PENGUMUMAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL ELEMEN INKUIRI PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 PAKUSARI
Putra Hidayat, Hans Christian (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PENGUMUMAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL ELEMEN INKUIRI PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 PAKUSARI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (490kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (458kB) |
![]() |
Text
BAB--I_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
BAB--II_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
![]() |
Text
BAB--III_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
![]() |
Text
BAB--IV_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-0.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
![]() |
Text
BAB--V_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-0.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB--VI_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-0.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Teks Pengumuman, Pendekatan Kontekstual
Elemen Inkuiri
Keterampilan menulis sebagai salah satu cara berkomunikasi dapat diartikan
sebagai kemampuan seseorang dalam menyampaikan maksud kepada orang lain atau
pembaca dengan menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar . Menulis teks
pengumuman bertujuan untuk menyampaikan maksud atau pesan berupa pemberitahuan
dengan menggunakan bahasa sebagai alatnya kepada pembaca atau orang lain. Realita
di sekolah menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kemampuannya dalam
menulis teks pengumuman belum sesuai dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM)
nilai 70. Pemilihan metode dan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran merupakan
hal penting yang perlu dipikirkan oleh guru agar mampu membawa siswa lebih aktif
dan produktif. Pendekatan kontekstual elemen inquiri merupakan sebuah pendekatan
yang dapat dijadikan sebuah alternative dalam penelitian ini. Rumusan masalah dalam
penelitian yaitu apakah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual
elemen inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks pengumuman pada siswa
kelas VII A SMP Negeri 1 Pakusari Tahun Pelajaran 2017/2018?. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan penggunaan pendekatan
kontekstual elemen inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks
pengumuman pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Pakusari Tahun Pelajaran
2017/2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Pakusari Tahun
Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian dalam penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK). Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil
belajar siswa pada pembelajaran siklus II dibandingkan dengan siklus I. Dari 40 siswa,
yang mencapai KKM 62.50% (25 siswa) meningkat menjadi 87.50% (35 siswa) dengan
nilai rata-rata 68.20 pada siklus I naik menjadi 76.63 pada siklus 2. Dengan demikian
telah terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 25.00% dan nilai rata-rata
sebesar 8,43.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDHima, Rofiatulnidn0702058402UNSPECIFIEDHariyono, Hariyononidn#
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Jan 2021 01:03 |
Last Modified: | 08 Jan 2021 01:03 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |