PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PENGUMUMAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL ELEMEN INKUIRI PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 PAKUSARI



Putra Hidayat, Hans Christian (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PENGUMUMAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL ELEMEN INKUIRI PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 PAKUSARI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of BAB--I_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH.pdf] Text
BAB--I_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of BAB--II_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-2.pdf] Text
BAB--II_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[thumbnail of BAB--III_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-2.pdf] Text
BAB--III_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[thumbnail of BAB--IV_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-0.pdf] Text
BAB--IV_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-0.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[thumbnail of BAB--V_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-0.pdf] Text
BAB--V_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-0.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[thumbnail of BAB--VI_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-0.pdf] Text
BAB--VI_BIN-TEKS-PENGUMUMAN-UNMUH_rev-0.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Teks Pengumuman, Pendekatan Kontekstual
Elemen Inkuiri

Keterampilan menulis sebagai salah satu cara berkomunikasi dapat diartikan
sebagai kemampuan seseorang dalam menyampaikan maksud kepada orang lain atau
pembaca dengan menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar . Menulis teks
pengumuman bertujuan untuk menyampaikan maksud atau pesan berupa pemberitahuan
dengan menggunakan bahasa sebagai alatnya kepada pembaca atau orang lain. Realita
di sekolah menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kemampuannya dalam
menulis teks pengumuman belum sesuai dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM)
nilai 70. Pemilihan metode dan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran merupakan
hal penting yang perlu dipikirkan oleh guru agar mampu membawa siswa lebih aktif
dan produktif. Pendekatan kontekstual elemen inquiri merupakan sebuah pendekatan
yang dapat dijadikan sebuah alternative dalam penelitian ini. Rumusan masalah dalam
penelitian yaitu apakah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual
elemen inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks pengumuman pada siswa
kelas VII A SMP Negeri 1 Pakusari Tahun Pelajaran 2017/2018?. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan penggunaan pendekatan
kontekstual elemen inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks
pengumuman pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Pakusari Tahun Pelajaran
2017/2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Pakusari Tahun
Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian dalam penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK). Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil
belajar siswa pada pembelajaran siklus II dibandingkan dengan siklus I. Dari 40 siswa,
yang mencapai KKM 62.50% (25 siswa) meningkat menjadi 87.50% (35 siswa) dengan
nilai rata-rata 68.20 pada siklus I naik menjadi 76.63 pada siklus 2. Dengan demikian
telah terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 25.00% dan nilai rata-rata
sebesar 8,43.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Hima, Rofiatul
nidn0702058402
UNSPECIFIED
Hariyono, Hariyono
nidn#

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 08 Jan 2021 01:03
Last Modified: 08 Jan 2021 01:03
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7705

Actions (login required)

View Item View Item